Cara melihat username dan password yang tersimpan dalam browser

Fitur menyimpan username dan password agar kita tidak perlu repot – repot mengetikkannya adalah standar pada setiap browser. Ini termasuk Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera dan masih banyak lagi. Walau sebenarnya kita bisa melihat apa saja password website yang tersimpan pada masing – masing browser tapi ini cukup merepotkan karena perlu dilakukan satu per satu.

Kalau anda ingin mengecek dibrowser mana saja akun website penting anda tersimpan maka bisa menggunakan sebuah program kecil bernama WebBrowserPassView. Dan… tidak banyak yang perlu dilakukan karena saat anda menjalankannya maka aplikasi ini akan mendeteksi seluruh browser yang terinstall dalam komputer dan kemudian memuat seluruh username dan password yang ada, ini termasuk alamat websitenya.
webbrowserpassview

Prosesnya sendiri berlangsung cukup singkat kalau anda jarang menggunakan fitur simpan password, tapi dari uji coba saya untuk kurang lebih 100 data akun situs yang berhasil dibaca bisa menghabiskan waktu 2-3 menit.

Dari sini saya langsung tersadar bahwa menyimpan username dan password menggunakan fitur asli browser ternyata cukup berbahaya karena dapat dengan mudah dilihat isinya. Saya anjurkan untuk menggunakan software password manager seperti LastPass, 1Password, atau KeePass2. Saya sudah mengecek seluruh password yang tersimpan dalam LastPass yang terintegrasi dalam Firefox melalui Addonnya ternyata tidak berhasil dibobol oleh WebBrowserPassView ini.

Oh ya, kalau yang ingin anda lihat adalah password dibalik asterisk (simbol bintang) dalam kotak login bisa mencoba BulletPassView yang tidak kalah ampuhnya. Bedanya aplikasi ini tidak hanya bisa untuk browser saja jadi lebih luas dukungan kemampuannya membuka password.

12 pemikiran pada “Cara melihat username dan password yang tersimpan dalam browser”

  1. bos cara melihat password di ucbrowser bagaimana? aplikasi ini ada yang buat android gak? karena kan ucbrowser saya ada di android bukan di pc.

    thanks

    Balas
  2. Di browser bawaan saya sudah terekam username dan passwordnya, tapi saya tidak tahu cara melihatnya. Itu bagaimana caranya?

    Balas

Tulis komentar...