Cara mengatur search engine default di Google Chrome

Google Chrome akan menggunakan mesin pencari Google sebagai default saat anda ingin mencari sesuatu melalui omnibox. Ini merupakan hal yang wajar karena Chrome adalah buatan Google dan memang kualitas hasil pencariannya relatif lebih baik dibanding pesaingnya.

Kadang karena kita yang terlalu hobi untuk mencoba setiap aplikasi atau game yang ditawarkan di internet akan mengubah tampilan Google Chrome (menjadi lebih buruk biasanya), menampilkan iklan, toolbar dan mengganti search engine yang digunakan ke yang lain seperti Yahoo, Ask atau Bing. Kalau penyebabnya malware anda bisa menggunakan Malwarebytes Anti Malware untuk membersihkan komputer anda, tapi sayangnya setting browser tidak bisa dikembalikan ke semula. Salah satunya adalah mesin pencari apa yang digunakan Google Chrome saat melakukan proses pencarian, cara mengembalikannya akan saya jelaskan berikut ini.

Mengubah search engine Google Chrome

Melakukan pengaturan penyedia layanan search engine di Google Chrome aslinya cukup mudah, pertama akses dulu menu Settings yang terletak di pojok kanan atas.

google-chrome-menu

Anda juga bisa memasuki halaman Settings dengan mengetikkan chrome://settings/ pada kotak alamat (omnibox) Google Chrome.

google-chrome-settings

Cari bagian Search dan klik pada nama mesin pencari yang ditampilkan, silahkan pilih search engine yang ingin anda gunakan.

google-chrome-settings-search

Selesai! Sekarang search engine yang dipakai Google akan sesuai dengan pilihan anda sebelumnya.

Menambahkan atau menghapus search engine di Google Chrome

Bagaimana kalau anda ingin menambahkan search engine baru ke Google Chrome? Atau malah ingin menghapus mesin pencari yang tidak dibutuhkan dari Google Chrome karena cuma bikin penuh saja? Langsung saja pada bagian Search klik Manage search engines… dan akan muncul seluruh search engine yang terdapat pada Google Chrome.

google-chrome-settings-search-engines

Anda bisa membuat search engine tertentu menjadi default, menambahkan search engine baru, dan menghapus search engine dengan menekan tombol x disamping namanya. Cara lain mengakses halaman setting Search Engine Google Chrome adalah dengan mengetikkan alamat berikut pada omnibox : chrome://settings/searchEngines.

Lainnya

Kalau anda sudah frustasi pada keadaan Google Chrome anda dan ingin menginstall ulangnya, sebaiknya anda lebih dahulu me-reset Google Chrome ke semula. Ini biasa sudah cukup untuk menghilangkan setting – setting yang salah atau rusak dari Google Chrome.

Tulis komentar...