Cara mengembalikan Contacts dari backup di Android

Setelah sebelumnya anda berhasil membackup Contacts Android maka tentu harus tahu cara melakukan pengembalian daftar kontak anda sebelumnya, ini berguna kalau ada kerusakan atau ganti handphone baru yang menyebabkan seluruh isi buku telpon anda hilang. Tinggal ikuti saja langkah – langkah berikut ini.

Tentu saja sebelumnya persiapkan file backup kontak anda berekstensi *.vcf pada SD card atau Phone storage supaya mudah dicari. Setelah itu buka Contact Android dan tampilkan menu, pilih opsi Import/Export.

android-contacts-menu

Pada layar Copy Contacts From pilih lokasi file VCF tersebut, disini saya menyimpannya pada SD card.
android-copy-contact-from
Selanjutnya adalah menentukan lokasi backup tersebut dikembalikan pada layar Copy Contacts To, dan ini langsung saja pilih Phone contact.
android-copy-contact-to
Kalau ada lebih dari 1 file VCF akan ditawari memilih memuat file yang mana, disini saya hanya ingin menggunakan daftar kontak saya dari 1 file saja maka pilih Import one vCard file.
android-choose-vcard-file

Selanjutnya pilih file yang mana untuk disimpan dalam buku telpon dan OK.
android-copy-choose-vcard-file-2
Sekarang seluruh isi kontak anda yang sudah berhasil dibackup sebelumnya akan kembali ke sedia kala. Saran saya rutin – rutinlah melakukan backup data contact anda, karena kalau tidak lengkap akan merepotkan anda nantinya untuk menghubungi rekan anda – apalagi kalau ada hal penting.

Satu pemikiran pada “Cara mengembalikan Contacts dari backup di Android”

Tulis komentar...