Cara mengetahui tombol Caps Lock dan Num Lock aktif

Kalau dulu kita dapat dengan mudah mengetahui apakah tombol Caps Lock atau Num Lock aktif melalui lampu indikator pada keyboard, maka sekarang pada laptop sudah jarang ditemui lampu ini, kebanyakan sudah tidak menyediakannya.

Masalahnya kadang kita lupa atau secara tidak sadar menghidupkan Caps Lock dan Num Lock sehingga tulisan kita menjadi besar semua atau malah menuliskan karakter lain. Ini bisa membuat bingung kalau tidak segera disadari dimana letak kesalahannya, apalagi tidak ada lampu notifikasinya.

Maka dari itulah solusinya saat ini adalah dengan menggunakan software yang memantau kondisi kedua tombol ini, dan ini bisa memakai program bernama Caps Lock. Software ini akan memberitahukan anda apa status dari tombol Caps Lock dan Num Lock, juga akan diberikan suara penanda setiap kali tombol tersebut ditekan.
caps-lock

Anda juga tidak perlu menampilkan aplikasinya untuk mengetahui statusnya, selain melalui suara diatas juga akan muncul icon pada system tray sehingga anda bisa melihat apakah tombol Caps Lock aktif atau tidak, antara icon silang merah atau centang hijau.
caps-lock-on
Kalau kegiatan anda banyak menulisnya seperti pekerjaan administrasi umumnya maka program kecil ini wajib anda install sehingga tidak kebingungan dalam waktu mengetik kalau ada perilaku tidak wajar.

Satu pemikiran pada “Cara mengetahui tombol Caps Lock dan Num Lock aktif”

Tulis komentar...