Cara mengetahui berapa channel RAM aktif dengan CPU-Z

Sekarang umumnya sebuah komputer atau notebook memiliki jumlah memory yang cukup besar dan terpasang beberapa keping RAM (Random Access Memory) untuk mengakomodasi game atau editing video yang membutuhkan memori dalam ukuran besar. Walau anda tidak bermain game menambahkan RAM tidak pernah salah. Tapi ada cara memaksimalkan performa memori komputer anda, biasanya ada fitur Dual Channel Memory (atau Triple Channel, kabarnya ada yang lebih) yang akan meningkatkan kinerja RAM secara signifikan daripada mode Single Channel, dan ini membutuhkan minimal 2 keping RAM untuk mengaktifkannya.

Apabila anda sudah memasang memori lebih dari 1 keping RAM, darimana anda tahu kalau mode Dual Channel telah hidup? Atau berapa channel memori anda aktif sekarang? Ada cara mudahnya daripada mengutak – atik menu BIOS atau UEFI, yaitu menggunakan program CPU-Z. Jalankan aplikasinya dan pindahkan tab ke bagian Memory, dengan menggunakan software ini anda bisa melihat spesifikasi memori komputer anda dan tentunya informasi mengenai channel memori juga tersedia.

cpu-z-memory

Bisa dilihat dari hasil analisa CPU-Z bahwa mode Channel# memory yang aktif adalah Dual.

Kalau anda memasang lebih dari 1 keping memori di motherboard anda tapi tipe Channel tidak berubah atau meningkat, ada beberapa alasan yang mungkin menjelaskan:

  • Sebisa mungkin jenis dan ukuran memori sama atau mirip, kalau berlainan kemungkinan besar tidak akan bisa.
  • Motherboard anda tidak mendukung Dual atau Triple Channel, cek buku manual motherboard tersebut.
  • Ubah slot memori terpasang pada posisi 1 & 3 atau 2 & 4, ini kadang diwajibkan oleh beberapa tipe motherboard sehinga hanya bisa aktif bila RAM terpasang di kombinasi slot tertentu.

Kalau anda tidak berani membongkar PC atau laptop anda maka serahkan pada yang ahli di toko langganan anda.

181 pemikiran pada “Cara mengetahui berapa channel RAM aktif dengan CPU-Z”

  1. gan mau nanya, laptop saya dual channel, 1 onboard, 1 slot, 2400mhz, 4gb x 4gb, nah saya mau upgrade yg di slotnya jadi 16gb 2400mhz juga, jadi 4gb x 16gb. kira² akankah hanya terbaca 1 atau bakalan ada trouble ya gan? soalnya laptop saya support ram sampai 32gb, makasih gan sebelumnya.

    Balas

Tinggalkan komentar