Cara mengetahui detail penggunaan memory Mozilla Firefox

Meningkatnya spesifikasi komputer membuat kita terbiasa membuka banyak website sekaligus, walau yang tampil hanyalah tulisan dan kadang disertai gambar tapi anda bisa melihat bahwa penggunaan memory Mozilla Firefox tidak jarang mencapai ratusan Megabyte bahkan Gigabyte. Kalau dari task manager kita hanya bisa melihat total konsumsi memori, tapi sebenarnya ada cara untuk mengetahui detail dari penggunaan memory di Mozilla Firefox.windows-7-task-manager-firefox-exe

Perkenalkan about:memory sebuah fitur pada Firefox yang berurusan dengan memori, anda cukup mengetikkannya pada address bar dan tekan ENTER – maka akan muncul berbagai macam opsi untuk pengaturan dan laporan memory Firefox.
mozilla-firefox-about-memory

Untuk melihat detail penggunaan memori Firefox klik tombol Measure, tunggu sesaat dan akan muncul jumlah seluruh penggunaan memori dan disertai detail menggunakan hirarki pohon sehingga anda bisa menelusuri dengan mudah setiap proses yang membutuhkan memori dan besarnya. Pada bagian Main Process lebih ke halaman website yang dibuka saat ini.
mozilla-firefox-about-memory-main-process
Kalau anda ke bagian selanjutnya akan menemukan Other Measurements, disini berisi konsumsi memory untuk mesin javascript, layanan Firefox, grafis, rendering halaman dan fungsi internal Firefox lainnya.
mozilla-firefox-about-memory-other-measurements
Setelah anda memahaminya tentu sekarang tahu alasan kenapa kok Firefox boros sekali penggunaan memorynya, solusinya sih ya tutup halaman yang tidak dibutuhkan lagi atau memaksa Firefox melepaskan memori yang dipakai.

Tulis komentar...