Cara mengetahui jenis CPU di Linux

Saat anda menggunakan sistem operasi Linux yang hanya dalam Shell tanpa ada tampilan grafis besar kemungkinan kebingungan untuk mendapatkan informasi mengenai spesifikasi hardware yang ada. Kali saya akan mengajarkan bagaimana cara cek CPU melalui perintah Bash/Shell.

Kalau anda menggunakan Linux pada komputer atau notebook sendiri dan tidak dijalankan dalam mode virtualisasi apapun maka anda bisa memakai perintah lscpu.
linux-shell-lscpu-failed

Sayangnya mungkin karena saya berusaha menjalankan perintah ini didalam VPS dengan CentOS 6.5 tampaknya tidak bisa dilakukan “lscpu: failed to determine number of CPUs: /sys/devices/system/cpu/possible: No such file or directory”. Tapi bukan berarti dikomputer anda akan gagal juga, perintah ini asli ada kok. 🙂

Bagaimana kalau perintah diatas gagal seperti dalam gambar? Besar kemungkinan memang informasinya tidak disediakan atau anda menggunakan VPS (Virtual Private Server). Kalau memang iya, silahkan gunakan perintah alternatif grep “model name” /proc/cpuinfo untuk mengetahui tipe dari prosesor yang digunakan. Nanti akan muncul teks berisikan nama prosesor, model dan frekuensinya seperti “model name?? ?: Intel(R) Xeon(R) CPU?????????? X5650? @ 2.67GHz”
linux-shell-grep-model-name-proc-cpuinfo

Khusus untuk VPS anda bisa melakukan verifikasi apakah memang benar hardware yang dipakai sesuai dengan yang ditawarkan, walau sebenarnya spesifikasinya sendiri bisa disembunyikan tergantung jenis virtualisasinya.

Tulis komentar...