Cara mengetahui kapan domain expired

Sebuah nama domain akan memiliki masa aktif setelah dibeli dan tentunya akan memiliki masa kadaluarsa (expired), jangka waktu untuk setiap pembelian domain adalah satu tahun tapi bisa lebih. Mengetahui kapan sebuah nama domain akan kadaluarsa adalah penting bagi si pemilik domain tersebut atau bagi kita yang mengincarnya setelah expired.

Sekarang bagaimana caranya kita untuk mengetahui kapan sebuah nama domain didaftarkan, berapa lama masa aktifnya, dan tentu saja kapan domain tersebut kadaluarsa? Sehingga nanti dengan informasi ini kita bisa membelinya secara bebas kembali.

Cukup mudah kok, anda hanya memerlukan akses ke layanan WHOIS. Salah satu situs favorit saya adalah Who.is, cukup anda isikan nama domainnya dan klik tombol search (icon kaca pembesar).

who-is

Anda akan dialihkan ke halaman cek WHOIS dari nama domain tadi, data penting yang kita perlukan adalah pada bagian Important Dates.

who-is-domain-important-dates

Misal untuk utekno.com:
Important Dates
Expires On ?? ?September 07, 2015
Registered On ?? ?September 07, 2012
Updated On ?? ?September 11, 2014

Selesai! Gampang kan? 🙂 Tapi walau sudah expired belum tentu anda bisa membelinya secara langsung, ini disebabkan adanya peraturan dan siklus nama domain. Silahkan pelajari dahulu detailnya/

3 pemikiran pada “Cara mengetahui kapan domain expired”

Tulis komentar...