Cara mengetahui kualitas koneksi ADSL

Telkom Speedy bisa dikatakan penyedia layanan internet terpopuler berbasis ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) di Indonesia, dengan menggunakan jaringan kabel telepon yang sudah maka anda tinggal memasang modem berbasis teknologi ADSL dan memakainya (seharusnya anda tinggal menunggu teknisi memasang dan mensettingnya).

Karena itu tidaklah heran saya paling sering muncul masalah saat menggunakan jaringan Speedy, baik kecepatan akses yang lambat, koneksi tidak stabil, sering terputusnya hubungan ke server, game online tidak lancar dan masalah lainnya. Ya, inilah resiko ISP paling populer untuk pengguna rumahan dan kantoran, kalau banyak yang memakai disaat bersamaan memang ada resiko kualitasnya akan turun drastis.

Tapi sebelum anda pasrah menerima nasib ada baiknya mengetahui sebenarnya bagaimana kualitas jaringan Speedy yang ada di tempat anda. Ada beberapa parameter yang bisa terlihat pada halaman administrasi modem ADSL yang digunakan. Silahkan akses 192.168.1.1, kemudian  masukkan username dan password admin.

adsl-modem-status-page

Secara default semestinya anda akan dihadapkan halaman status jaringan Speedy, kalau tidak maka silahkan cari bagian Status > Device Info > ADSL. Setidaknya di modem+router TP-Link saya begitu navigasinya.

SNR Margin (Signal-to-Roise Ratio Margin)

SNR Margin merupakan perbandingan kualitas sinyal dibandingkan gangguan, ini menentukan apakah modem anda bisa dengan mudah sinkronisasi dengan jaringan ADSL.
Tingkatan SNR Margin:

  1. 29dB keatas merupakan yang terbaik.
  2. 20dB-28dB berarti kualitas jaringan termasuk tinggi.
  3. 11dB-20dB adalah cukup tanpa ada masalah sinkronisasi.
  4. 7dB-10dB bisa digunakan tapi kalau gangguan sedikit akan langsung terputus.
  5. 6dB kebawah adalah buruk, akan sering terjadi putusnya koneksi atau malah tidak bisa terhubung sama sekali.

Line Attenuation

Line Attenuation adalah nilai dari turunnya kualitas sinyal dari modem anda ke jaringan Speedy. Bila nilainya tinggi berarti semakin buruk, dan secara umum bila lokasi anda semakin jauh dari DSLAMnya akan semakin meningkat atenuasinya.
Tingkatan Line Attenuation:

  1. 20dB kebawah adalah yang terbaik.
  2. 20dB-30dB adalah bagus.
  3. 30dB-40dB artinya baik.
  4. 40dB-50dB adalah cukup baik.
  5. 50dB-60dB artinya kurang bagus, dan bisa mengalami masalah pada hubungan internet.
  6. 60dB keatas adalah buruk, dan akan mengalami masalah pada koneksi.

Kalau nilai dari kedua parameter anda termasuk buruk maka solusinya adalah menghubungi Telkom Speedy (bisa telepon 147) untuk meminta teknisinya melakukan perbaikan atau memindahkan pemasangan kabel anda ke tiang telepon yang lain. Setidaknya setelah dipindahkan kualitas internet saya jauh lebih baik dan stabil dibanding sebelumnya, sebelumnya saya mengalami sinkronisasi ADSL sangatlah lama hingga berjam – jam atau tidak pernah sinkron.

Oh ya, walaupun disini saya mencontohkan Telkom Speedy bukan berarti tidak bisa digunakan pada layanan ISP lain, asalkan sama – sama menggunakan jaringan ADSL masih bisa digunakan dengan cukup akurat panduan ini untuk mengukur kualitasnya.

Tulis komentar...