Cara mengetahui dimana letak masalah koneksi internet di Windows

Melakukan diagnosa kerusakan atau troubleshooting masalah koneksi internet bisa dikatakan gampang – gampang susah, kalau masalah modem mati atau rusak mungkin bisa langsung digantikan. Kalau modem hidup, terkoneksi dan komputer terhubung tapi tidak bisa mengakses internet? Apa yang bisa dilakukan untuk menentukan letak permasalahannya?

Windows sebenarnya memiliki sebuah tool untuk melacak kualitas koneksi internet, tool kecil ini bisa digunakan lewat command prompt. Cara menggunakannya adalah dengan mengetikkan tracert disusul alamat IP atau nama domain, dan kemudian tekan ENTER. Contohnya adalah: tracert google.com.
windows-7-command-prompt-tracert

Trace Route (tracert) adalah tool untuk menelusuri rute yang dilalui oleh paket internet dari komputer anda ke internet, bila ada masalah maka anda bisa melihat di tahap mana terjadinya.

Bila alamat IPnya masih dalam jarak 192.168.0.0 - 192.168.255.255, 172.16.0.0 - 172.31.255.255, atau 10.0.0.0 - 10.255.255.255 maka besar kemungkinan masalah tersebut terjadi di dalam jaringan lokal anda. Tapi bila sudah diluar jarak IP address diatas maka faktor eksternal bisa menjadi penyebabnya.

Kalau Windows tidak bisa melakukan trace route ke website yang menjadi tujuan maka cobalah ganti dengan alamat IPnya, anda bisa menggunakan ping untuk mengetahui IP suatu website, tapi ini hanya bisa dilakukan kalau DNS server yang anda pakai di Windows tidak bermasalah.

Tulis komentar...