Cara mengatasi masalah DNS Server Lookup Failed

Apabila pada saat anda browsing internet pesan DNS Server Lookup Failed muncul pada browser anda, maka ini menandakan bahwa server DNS yang anda gunakan sedang bermasalah atau tidak dapat diakses.
Di Mozilla Firefox akan keluar halaman dengan judul Server not found.

mozilla-firefox-server-not-found

Sedangkan di Google Chrome akan muncul halaman berisi pesan This webpage not available, dengan detail kode Error 105 (net::ERR_NAME_NOT_RESOLVED): Unable to resolve the server’s DNS address.

google-chrome-this-webpage-not-available

Mengganti DNS Server yang digunakan

Sebelum anda melakukan perubahan setting DNS Server yang sedang anda gunakan, pastikan dulu permasalahannya terletak pada ISP atau DNS Server. Silahkan buka command prompt terlebih dahulu, ketikkan ping 8.8.8.8 dan lihat apakah ada respon, selanjutnya ping google.com dan lihat apakah ada respon.

windows-7-command-prompt-ping

Jika ada respon mungkin sedang ada masalah pada ISP yang anda pakai, anda bisa menggunakan Google Public DNS untuk memperbaiki masalah ini. Silahkan anda ubah DNS Server yang anda gunakan ke 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, kemudian pilih repair pada Network Connections yang aktif.

windows-network-connections-detail

Alternatifnya anda bisa menggunakan OpenDNS sebagai DNS server.

Jika cara diatas belum berhasil, anda bisa menggunakan cara manual untuk mengganti DNS Server anda melalui command prompt. Anda bisa mengakses command prompt melalui Start > Run > ketik cmd.

windows-run-cmd

Pertama anda bisa membersihkan cache DNS yang sedang digunakan dengan mengetikkan pada jendela command prompt perintah ipconfig /flushdns, kemudian ketik ipconfig /registerdns.

windows-ipconfig-flushdns-registerdns

Dengan mengikuti langkah – langkah diatas maka komputer anda akan menggunakan Google Public DNS  atau OpenDNS sebagai DNS Servernya.

Menggunakan Proxy untuk mengakses website

Kadang DNS Server yang digunakan oleh penyedia layanan internet anda belum diupdate sehingga catatan lama yang bermasalah tetap dimanfaatkan. Anda bisa mencoba mengakses situs bermasalah menggunakan proxy baik yang bertipe web proxy seperti Hide My Ass! maupun menggunakan proxy server di Mozilla Firefox dengan bantuan Proxy Searcher.

proxy-searcher

Mengakses situs menggunakan Internet Archive

Kalau situs tersebut tidak bisa dibuka karena sudah mati atau memang DNS Server rusak coba gunakan layanan Wayback Machine dari Internet Archive.

wayback-machine-browse-utekno-july-snapshot

Gunanya adalah melihat arsip yang disimpan dari situs tersebut walau sudah tidak ada lagi atau dalam keadaan offline.

Lainnya

Kalau anda tidak bisa mengakses apapun di internet dengan error DNS, berarti ini masalah dari koneksi internet anda. Hubungi saja ISP yang anda gunakan untuk menyampaikan keluhan anda. Bila anda menggunakan Telkom Speedy telepon saja 147, biasanya dalam 1×24 jam akan didatangi teknisi.

37 pemikiran pada “Cara mengatasi masalah DNS Server Lookup Failed”

    • Halo, anda harus menjalankan command prompt dengan hak administrator. Paling mudahnya klik kanan pada icon command prompt dan pilih Run as administrator.

  1. Saya sudag mengikuti langkah di atas tp kenapa tetap tidak bisa ya mas ? Tulisan saat masuk ke google chrome atau mozila tetap DNS Lookup for

    • Halo Raihan, saya bingung maksudnya mas apa. Tapi saya asumsikan cara – cara diatas gagal semua ya?

      Masalahnya… sekarang para ISP menerapkan pembajakan DNS, jadi mau pakai apapun ya tetap akan memakai DNS server mereka. Efeknya kalau milik mereka down ya pengguna cuma bisa menunggu sampai normal kembali. Atau kalau bisa ya menggunakan DNSCrypt, selama belum diblokir oleh ISP.

  2. Gan mau nanya, kalo kan saya ping 8.8.8.8 bisa konek, tapi ping google, youtube, dll gak bisa. Ini kan saya pakai wifi dari smartphone saya, padahal di smartphone saya lancar” aja. Kemungkinan dns nya eror kah? Mohon solusinya. Terimakasih.

  3. server DNS address could not be found.
    Gan ini solusinya gimana, kalau website indonesia selalu ada tulisan gitu
    kalau facebook,google mah normal,
    website indonesia bisa dibuka cmn harus pake Vpn, kalau gapake vpn cmn mentok di server DNS address could not be found.

  4. Saya jg mengalami hal yg sama spt di atas. Internet saya pakai speedy, baru hari ini tiap buka web yg belakangnya .wordpress.com atau .blogspot.com dan sejenisnya muncul server dns address could not be found. Lalu saya cb buka dr hp (koneksi wifi speedy), tetap server dns couldnt be found. Tapi begitu saya matikan speedynya, saya buka dr hp (pakai internet hp), termasuk tethering ke laptop, hasilnya normal bisa akses wp dan blogspot. Kenapa ya? Pdhal speedynya tetap bisa dipakai utk streaming youtube dsb. Lalu saya minta ke teman sesama pengguna speedy utk coba buka wp atau blogspot, anehnya teman saya bisa buka dgn normal.
    Mohon masukan sarannya. Anehnya seperti speedy saya diblokir oleh wp atau blogspot.

    • Halo Sylvia, singkatnya bukan salah anda mbak. Itu masalah pada DNS server milik Speedy/IndiHome. Biasanya dibiarkan seharian akan normal kembali.

  5. Saya mau tanya , kalo di laptop saya akses situs selain google, fb, youtube DNS servrr vould not be found, gimana ya solusinya,, saya pake thetering smartphone,,
    Tapi kalo saya buka situs di smartphone bisa,,

    • Halo Bintang, pakai ISP apa mas? Itu masalahnya ada pada DNS server ISPnya. Bisa menggunakan handphone karena besar kemungkinan pakai Chrome/UC Browser/Opera kan?

  6. mas kadang youtube saya eror gabisa dibuka, suka muncul
    “The server can’t be found, because the DNS lookup failed. DNS is the network service that translates a website’s name to its Internet address. This error is most often caused by having no connection to the Internet or a misconfigured network. It can also be caused by an unresponsive DNS server or a firewall preventing UC Browser from accessing the network.”
    klo pake caranya mas bisa ga?

  7. Selamat Pagi Kak Begini Kalau Saya Juga Sama Problemnya Pada DNSnya Saya Sudah Reset DNSnya Dengan Flushns Setelah DNSnya Saya Reset Malah Sinyalnya Wifi Yang Saya Pakai Kog Selalu Rendah Begitu Konek Trus Nanti Tiba2 Sinyalnya Hilang Sendiri Trus Muncul Lagi Bagaimana cara Perbaikinya Ka Terima Kasih

    • Yakin mbak? Bukannya saya ga percaya tapi antara DNS ini ga ada hubungannya dengan sinyal WiFi. Saya cuma kepikiran kalau routernya ganti channel atau protokol wirelessnya yang baru bisa ada efek dengan kekuatan sinyal.

      Sudah coba update driver WLANnya?

    • Mbak pakai laptop merek dan tipe apa?

      Mbak bisa buka setting modemnya? Ada setting signal/transmit power untuk SSIDnya, coba dicek apakah maksimal. Terus coba ganti protokol WLAN yang dipakai.

  8. Ka Saya Pakai Laptop Merek DELL saya Ngak Pakai Modem Tapi Wifi.id Ka Bisa Jelaskan Secra Rinci Ngak Ka Soalnya Saya Belum Mengerti Ka,Terima Kasih Buat Respon Yang Begitu Baik 🙂 🙂 🙂

    • Waduh… wifi.id ya mbak. Saya sudah lama sekali ga pakai ini. 🙁 Ini masalahnya cuma pada satu hotspot saja? Sudah coba lokasi lain apakah sinyalnya juga jadi kecil?

    • Ya tidak koneksi ke alamat IP tersebut mas. Bisa memang alamat IPnya sedang down, atau koneksi dari luar diblokir. Atau ISP kita sendiri yang ada masalah.

Tulis komentar...