Cara mengetahui MAC Address di Android

MAC Address adalah alamat unik yang diberikan pada setiap perangkat jaringan untuk digunakan sebagai kode identifikasi. Alamat MAC (Media Access Control) ini cukup sering digunakan untuk melakukan filtering atau pembatasan akses internet bila handphone Android terhubung melalui WiFi.

Jadi kalau anda ingin mencegah adanya gadget atau laptop tidak dikenal mengakses jaringan hotspot pribadi anda maka bisa melakukan blokir berdasarkan MAC Addressnya melalui modem. Dan ini dimulai dengan mengetahui apa MAC Address dari handphone atau tablet Android yang anda miliki. Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean, bila versi Android anda berbeda silahkan adaptasikan saja caranya.

Pertama silahkan akses Settings (Pengaturan) dan geser ke bagian Wireless & Networks, silahkan tap pada WLAN.
android-settings

Akan muncul daftar SSID Wireless LAN yang tersimpan dalam handphone anda, kemudian silahkan tap tombol menu dan akan muncul opsi Advanced WLAN.
android-wlan-menu

Di bagian inilah akan muncul informasi apa MAC Address anda dan beserta apa IP Address anda.
android-advanced-wlan

Kalau anda belum tahu maka format penulisan MAC Address adalah dalam angka heksadesimal, silahkan anda catat dan masukkan sebagai whitelist dalam filter akses internet anda.

Cara alternatifnya dan mungkin memang lebih mudah adalah dengan mengakses About Phone/Device dan tap pada Status/Hardware Information.

Tulis komentar...