Blokir akses WiFi di modem TP-LINK

Akses WiFi sekarang mudah untuk dibuat dan digunakan, kalau sinyal jaringan wireless dari modem TP-LINK anda memiliki jangkauan yang cukup jauh maka bisa jadi banyak orang yang tahu apa password hotspot anda akan ikut menggunakannya. Baik diijinkan maupun tidak, walaupun anda bisa mengganti password hotspot anda ini hanyalah solusi sementara.

Cara yang lebih ampuh lagi adalah melakukan filter dari setiap komputer, notebook, handphone, tablet dan perangkat lainnya yang mampu terhubung dengan jaringan WLAN anda. Semua ini bisa dikonfigurasikan di dalam modem router WiFi dan yang saya bahas kali ini adalah TP-LINK dengan model TD-W8151N, kalau milik anda berbeda silahkan diadaptasikan.

Silahkan persiapkan dulu MAC address dari perangkat yang anda perbolehkan memakai akses internet. Kalau di Windows maka apa yang tertulis di Physical Address adalah yang anda cari.

cmd-ipconfig-all

 

 

Pertama silahkan akses halaman administrasi modem TP-LINK di alamat IP 192.168.1.1 dan isikan username dan passwordnya. Kalau anda lupa gunakan admin dan admin, jika masih tidak berhasil masuk silahkan coba username dan password default modem dari Telkom Speedy lainnya.
tp-link-192-168-1-1
Setelah itu buka menu Interface Setup > Wireless, geser halaman paling bawah dan anda akan menemukan “Wireless MAC Address Filter” dalam keadaan nonaktif, silahkan ubah dari Deactivated menjadi Activated.
tp-link-interface-setup-wireless-mac-address-filter

Selanjutnya ada 2 jenis asosiasi yang bisa disetting disini, yaitu hanya perangkat yang MAC addressnya dikenal yang boleh terhubung (Allow Association) atau memblokir akses untuk semua perangkat yang terdeteksi MAC addressnya (Deny Association). Bisa dikatakan ini adalah sistem blacklist atau whitelist yang umum digunakan dalam sistem kendali akses. Kalau sudah selesai mengisikannya maka klik saja Save.

Mudah bukan? 🙂

174 pemikiran pada “Blokir akses WiFi di modem TP-LINK”

  1. mas,kalo mac address yang ke-8 setelah diaktifasi gak bisa konek gimana?padahal mac address yg ke-1 sampe ke-7 bisa konek semua..mksh mas..

    Balas
    • Pakai router merek dan tipe apa mas? Kadang ngeglitch seperti ini mas, kayanya tidak diharapkan akan dipakai maksimal blokirnya.

  2. mas saya mau..nanya..kan pake cara mas. diatas…hari pertama berhasil…cuma hp saya yang connect…trus hari kedua…gk bisa masuk seluruh perangkat…kenapa tu apa harus direset..

    Balas
    • Ga kebalik blacklist dengan whitelist mas? Tidak ada perubahan di setting blokirnya?

      Pakai kabel bisa masuk ke modem tidak? Coba dicek dari sana.

  3. saya sudah coba cara blacklist tetapi tetap saja yg di blokir bisa pake saya. ketika di cek yg diblokir masih terhubung. gimana solusinya ya mas?

    Balas
  4. Kalau saya belum mengisi kolom mac addres sama sekali. Tpi saya sudah mengaktifkan whitelist nya.. hbis itu tidak ad satu pun perngkat saya yang bisa terhubung.. itu gimana mas solusinya.. MOHON PENCERAHAN..

    Balas
    • Waduh… ya jelas mas tidak ada yang bisa tersambung. Whitelist itu mengijinkan perangkat mana saja yang bisa terkonek.

      Kalau pakai kabel masih gagal, mas terpaksa reset modemnya.

  5. halo kak, modem wifi aku yg xyzel warna item…gimana cara blokir pengguna laen????….maunya cuma 5 yg bisa nyambung,alias orang rumah aja,,,tolong~

    Balas
  6. Mas.. mau tanya, sebelumnya saya menggunakan aplikasi fing di hape saya untuk lihat pengguna siapa aja yang menggunakan wifi saya.. nah, setelah saya nyalakan fitur whitelist di router saya, pengguna yang terlihat di aplikasi fing saya, jadi cuma saya dan router(modem) saya aja… padahal 3 orang keluarga saya yang sudah saya masukan ke whitelist tersambung ke wifi saya tapi tidak muncul di fing.. bagaimana solusinya? Trims

    Balas
  7. Sudah white list hanya 2 perangkat, tapi di fing ada perangkat lain yang masih bisa connect di luar yang masuk daftar white list. Kok bisa ya? Solusi nya gimana gan, biar yang bisa connect hanya yang terdaftar di white list saja?

    Balas
  8. Ka saya baru pasang pake router tplink TL-WR840 knapa ya wifinya tanda seru terus sama routernya merah,apa harus diisi dlu saldo wifi nya?tolong bagaimana cara isi wifi tplink saya gak paham?

    Balas

Tinggalkan komentar