Cara menghapus riwayat browsing Google Chrome

Advertisements

Google Chrome bisa dikatakan mesin peramban internet paling populer saat ini, selain lebih ringan dan cepat dalam membuka halaman web juga terintegrasi dengan Android. Jadi pakai PC atau handphone asalkan pakai akun Google semuanya akan tersinkronisasi.

Tapi ada waktunya untuk melakukan pembersihan mesin browser ini. Contohnya adalah data riwayat membuka situs apa saja, histori kata yang dipakai mencari di Google, dan data sementara peramban. Utamanyauntuk melindungi privasi pengguna dan sedikit memulihkan performa aplikasinya.

Cara menghapus riwayat Google Chrome

Advertisements
  1. Langsung saja copas alamat berikut chrome://settings/clearBrowserData dan tekan ENTER.
  2. Akan langsung terbuka jendela Hapus data penjelajahan.
    setelan chrome hapus data penjelajahan
  3. Disini kita bisa menentukan berapa lama rentang waktu sejarah pemakaian akan dimusnahkan, juga detail-detail lainnya.
  4. Klik Hapus data untuk memulai prosesnya.

Sedikit penjelasan akan 3 jenis opsi yang bisa diaktifkan atau tidak:

  • Histori penjelajahan. Ini mencakup semua aktivitas anda dalam browser, jadi setiap kunjungan dan link web akan tersimpan sampai anda menghapusnya. Riwayat pencarian akan tersimpan dalam akun Google, untuk membersihkannya ada di tempat lain.
  • Cookie dan data situs lainnya. Ini berisi kode identitas peramban atau pengguna yang disisipkan oleh layanan atau situs yang anda gunakan. Misal anda menyimpan informasi login sehingga bisa langsung mengakses dasbor. Merupakan hal berbeda dengan password manager.
  • Gambar dan file dalam cache. Setiap website yang dibuka akan menyimpan potongan file konten seperti gambar, ini akan mempercepat aksesnya kalau anda membukanya kembali tanpa perlu mendownload ulang file-filenya. Kalau tidak terpakai maka akan memberatkan kinerja.

Mana yang anda ingin hapus bisa dipertimbangkan sendiri.

Tapi kalau anda hanya ingin menghilangkan jejak pemakaian dari Chrome yang terpakai saat ini maka tinggal logout saja dari akun Google. Solusi alternatifnya adalah biasakan menggunakan mode Incognito, atau sekalian saja siapkan browser lain khusus untuk tujuan pribadi supaya tidak tercatat.

Sekian dan semoga membantu.

Advertisements

Tinggalkan komentar