Cara mengetahui Subnet mask di Windows

Kalau anda selama ini menggunakan jaringan komputer berbasis WiFi maka biasanya akan secara otomatis terhubung dan kita tidak perlu melakukan setting IP. Tapi kadang kita perlu melakukan koneksi secara manual, dan selain kita harus mengisikan IP juga apa subnet masknya. Biasanya subnet mask default yang digunakan adalah 255.255.255.0 baik pada modem dan router juga komputer lainnya.

Jika sudah tidak standar lagi maka anda bisa menirukan berapa subnet masknya. Kalau salah jelas kita tidak bisa menggunakan akses networknya. Karena itulah kita memerlukan cara mengetahui apa subnet masknya sekarang di Windows dan nanti menggantinya.

Langsung saja cara cepatnya adalah menggunakan command prompt, tekan tombol Windows+R dan isikan dengan cmd.
windows-7-run-cmd

Nanti ketikkan perintah ipconfig /all dan tekan ENTER.
cmd-ipconfig-all

Cara alternatifnya dan agak sedikit lama silahkan buka Control Panel > Network & Internet > Network and Sharing Center > Change adapter settings. Anda bisa mengakses jendela yang sama melalui icon network di system tray di pojok kanan bawah sebelah jam Windows.
windows-7-network-connection-details
Klik kanan pada jaringan yang aktif, pilih Status dan selanjutnya klik saja Details. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai MAC Address, alamat IP, Subnet mask, DNS server, dan masih banyak lagi hal yang berhubungan dengan konfigurasi perangkat networking tersebut di Windows.

Cukup mudah bukan? 🙂

Tulis komentar...