Cara mengganti alamat IP di Windows

Jaringan lokal komputer dan perangkat mobile seperti handphone dan tablet sekarang sudah umum ditemui di dalam lingkungan rumah dan kantor, semuanya biasa terhubung ke internet melalui WiFi. Kadang kalau setting IP dari komputer tidak benar ini bisa mengakibatkan tidak ada koneksi dan menjadi konflik, karena itulah anda perlu tahu caranya mengganti alamat IP di Windows.

Anda bisa memulai langkah penggantian IP network dengan mengubah IP dengan membuka jaringan yang sedang aktif di system try Windows (pojok kanan bawah, sebelah jam komputer), cukup klik dan pilih Open Network and Sharing Center.

windows-7-system-tray-network-open-network-and-sharing-center

Control Panel pun bisa anda gunakan untuk mengakses Network Connections, pilih saja Network and Sharing Center.

windows-7-control-panel-network-and-sharing-center

Pada jendela Network and Sharing Center pilih Change adapter settings.

windows-7-network-and-sharing-center-change-adapter-settings

Seluruh jaringan yang pernah terhubung ke komputer anda akan terlihat, dan pilih yang aktif. Kemudian klik kanan dan klik Properties.
windows-7-network-connections

Kemudian arahkan kursor ke Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik tombol Properties.
windows-7-network-properties

Setting default jaringan di Windows adalah menggunakan Obtain an IP address automatically dan ini menggunakan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol), kalau anda ingin mengganti IPnya maka anda secara otomatis akan mematikan fitur DHCP di Windows. Setting DNS juga akan mengikuti DHCP (Obtain DNS server address automatically), tapi ini tidak wajib diubah. Kecuali anda ingin menggunakan DNS server lain seperti milik Google atau OpenDNS.
windows-7-tcp-ip-properties-dhcp-enabled

Ubah opsinya ke Use the following IP address dan isikan alamat IP yang anda inginkan (pastikan tidak ada yang sama alamatnya), berapa nilai subnetnya (anda bisa mencoba 255.255.255.0), dan alamat IP dari gateway default (supaya bisa terhubung ke internet, biasanya adalah 192.168.1.1). Selanjutnya klik OK untuk menerapkan perubahan konfigurasi alamat IP di Windows.
windows-7-tcp-ip-properties-dhcp-disabled

Maka IP address komputer anda telah berhasil diubah, untuk mengecek alamat IP anda sekarang silahkan buka lagi jaringan yang aktif, klik kanan dan pilih Status kemudian tekan tombol Details.

6 pemikiran pada “Cara mengganti alamat IP di Windows”

  1. gan, maaf nih saya sedikit gaptek :v

    untuk DNS servernya, saya harus masukkin berapa ?
    tolong dijawab secepatnya ya ….

Tulis komentar...