Cara mengganti bahasa di WordPress

Sebelumnya secara default kita akan menggunakan WordPress dalam bahasa Inggris (English – United States) setelah menginstallnya kecuali kita mendownload versi bahasa Indonesia atau memilihnya saat proses instalasi di WordPress 4.0. Akhirnya sekarang kita bisa mengganti bahasa yang digunakan di WordPress karena telah dirilis WordPress versi 4.1 baru saja ini.

Walaupun hal ini tampaknya sepele tapi selama ini cukup mengganggu saya karena situsnya menggunakan bahasa Indonesia (kode: id_ID) tapi dalam deklarasi bahasa yang digunakan adalah Inggris (kode: en_US). Jadi kalau ada bot atau crawler yang sedang mengecek malah tidak cocok apa isinya dengan yang diumumkan. Walau tidak ada pinalti secara SEO setahu saya oleh Google karena ketidaksesuaian bahasa, tapi menggunakan bahasa yang tepat dengan tujuannya menurut saya lebih baik daripada salah sama sekali.

Sekarang, bagaimana cara mengubah bahasa tampilan antarmuka dan yang digunakan situs WordPress? Silahkan akses dashboard Admin (nama_situs_anda.com/wp-admin/) kemudian pilih General. Setelah itu geser ke bagian paling bawah anda akan menemukan setting Site Language, langsung saja pilih Bahasa Indonesia dan klik Save.
wordpress-site-language-settings
Yup! Selesai sudah dan anda bisa langsung melihat bahwa sekarang situs WordPress anda memakai bahasa nasional kita Indonesia. 😀 Atau anda bisa mengubah bahasanya menjadi bahasa lain kalau mau.

Oh ya cek juga halaman update WordPress anda karena biasanya ada pembaruan terjemahan dari kata – kata yang digunakan dan plugin juga theme yang mendukung lokalisasi (yang bahasa bukan yang hiburan).

Tulis komentar...