Cara mengganti lokasi instalasi aplikasi di ASUS Zenfone

Adanya SD Card membuat kita bisa menambahkan kapasitas media penyimpanan handphone, dalam kasus saya walau ASUS Zenfone 5 memberikan 16GB untuk storagenya tapi tentu tidaklah salah kalau setelah penggunaan beberapa bulan bisa penuh untuk menyimpan data. Nah… kartu SD ini bisa menjadi solusinya dan harganya sekarang cukuplah murah untuk kapasitas 16GB juga sudahlah cukup.

Kalau di handphone lama saya di Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean ada setting untuk mengubah penyimpanan data default ke Phone Storage atau SD Card tapi di ASUS Zenfone 5 saya kok tidak menemukannya. Setelah mencari informasi kesana kemari ternyata sejak versi Kitkat fitur ini ditiadakan oleh Google, jadi cuma bisa menyimpan ke internal storage ponsel dan kita harus memindahkannya sendiri. Tapi setidaknya ASUS melalui ZenUI-nya memberikan jalan untuk mengatur hal ini tapi hanya bisa dilakukan untuk lokasi instalasi aplikasi.

Daripada tidak sama sekali bukan? Apalagi dengan ukuran game besar seperti Hearthstone yang mencapai 1.5GB jangan sampai diletakkan dalam internal storage hp kalau tidak terpaksa. Langsung saja buka Settings (Setelan) dan geser kebawah sampai anda menemukan Device (Perangkat), kemudian tap pada ASUS Customized Settings.

android-zenfone-settings-device

Scroll layarnya kepaling bawah dan anda akan menemukan App installations
android-zenfone-asus-customized-settings

Didalamnya ada 3 pilihan: Auto yang akan menentukan secara otomatis dimana sebaiknya lokasi instalasi app, Prefer internal storage akan diinstall dalam handphone secara default, dan Prefer external storage yang akan memasang aplikasi kedalam SD card kalau bisa. Yang kita setting kali ini adalah pilihan ketiga.
android-zenfone-default-app-installation-settings

Setelah itu semua aplikasi dan game yang anda install dari PlayStore atau secara manual melalui file APK akan diletakkan dalam SD card kalau bisa. Ya, kalau tidak diperbolehkan oleh konfigurasi app-nya tetap akan diinstall dalam storage bawaan handphonenya.

222 pemikiran pada “Cara mengganti lokasi instalasi aplikasi di ASUS Zenfone”

Tulis komentar...