Pengaya/Addon Firefox bermasalah?

Advertisements

Pagi ini agak kaget saya tiba – tiba sebagian besar addon/pengaya yang terpasang di browser Firefox saya dimatikan otomatis. Awalnya tidak sadar, tapi begitu membuka beberapa website yang ada kustomisasi khusus (reddit enhancement suite misalnya) malah jadi polosan.

Dan memang saya sempat terpikir ada pesan peringatan saat pertama kali menjalankan firefox hari ini, kalau ada masalah dengan addon, saya kira ini cuma urusan dengan Internet Download Manager yang jalur installnya ga standar.

firefox could not be verified and has been disabled

Ternyata tidak hanya itu, tapi dari 10an yang saya pakai, cuma sisa 3. Karena pesannya ini (“could not be verified for use in Firefox and has been disabled”) berarti versinya bisa terlalu lama atau sistem tandatangan keamanannya (security signature) sudah tidak berlaku. Jadi saya anggap solusinya tinggal install ulang saja dan ambil update terbarunya.

Eh… pas coba install addon baru dari situs resmi Mozilla malah muncul masalah lagi. Kali ini pesan errornya (“Download failed. Please check your connection“) unduhan gagal karena tidak ada koneksi. Lah saya bisa browsing dan streaming dengan lancar. 🙁

Advertisements

firefox addon download failed please check your connection

Akhirnya saya cek Google dan ternyata tidak sendirian mengalami masalah serupa, dan sudah ada laporan bug: https://bugzilla.mozilla.org/show_bug.cgi?id=1548973

Apa yang bisa kita lakukan sekarang? Bisa menunggu sampai muncul update resmi, atau bisa mencoba menonaktifkan sistem verifikasi pengaya si rubah api, keputusan di tangan anda.

Update, ada solusi sementara (selain link diatas) sampai masalah ini diperbaiki.

Ketikkan alamat about:debugging pada Firefox. Kemudian klik tombol Load Temporary Add-on… di kanan atas halamannya.

Yang kita lakukan ada mengisikan link pengaya yang ingin dipakai saat itu juga dalam baris Open File Name. Misal https://addons.mozilla.org/firefox/downloads/file/1676938/reddit_enhancement_suite-5.14.5-an+fx.xpi?src=search dan ini didapatkan dengan klik kanan copy link pada tombol Add to Firefox di halaman pengayanya.

Nanti akan otomatis diunduh dan dipasangkan. Selesai. Harap ingat ini solusi sementara.

Advertisements

6 pemikiran pada “Pengaya/Addon Firefox bermasalah?”

Tinggalkan komentar