LOADING

Type to search

Android

Cara menggunakan DNSCrypt di Android

DNSCrypt bisa dikatakan salah satu solusi termudah untuk akses informasi di internet tanpa ada batas dan lebih aman karena mencegah pembajakan konektivitas internet. Kalau di Windows sudah ada caranya dan metode yang lebih mudah, maka di handphone Android dulunya cuma ada app VPN dan ini malah bisa menambah masalah karena seringkali ada iklan yang mengganggu.

Saya yakin kalau anda mencari bagaimana caranya pasang DNSCrypt sudah paham teknis dan manfaatnya. Dan memang secara resmi tidak ada aplikasi mobilenya, tapi bukan berarti tidak ada penggantinya.

Ada satu aplikasi yang memiliki konsep sama, yakni Intra dan tersedia di Google Play Store. Tidak perlu khawatir soal biaya karena ini gratis dan sifatnya open source.

Sedangkan cara menggunakan alternatif DNSCrypt ini sangatlah sederhana. Tinggal hidupkan saja (warna biru, kalau merah berarti nonaktif) dan sudah bekerja.

Detailnya, app Intra ini akan membuat koneksi VPN pada smartphone anda, jadi ijinkan dulu saat aplikasinya meminta, dan nanti setiap request DNS akan dilewatkan VPN lokal tersebut. Defaultnya ke DNS milik Google, tapi bisa juga diganti ke CloudFlare.

Bagus yang mana? Menurut saya cuma masalah selera saja, dan sebagai pengguna biasa tidak ada bedanya.

Sekian, dan sekarang setiap aktivitas online anda akan lebih bebas dan aman dari pembajakan DNS.

Tags:

Tulis komentar...