Cara menggunakan Incapsula

Memiliki website, blog, toko online atau forum bisa menyebabkan pengeluaran tidak terduga karena kepopulerannya, masalah seperti kehabisan kuota bandwidth hosting, kehabisan disk space web hosting, tingkat penggunaan resource hosting berlebihan sampai anda disuspend atau anda sering diserang bot atau hacker. Beberapa masalah diatas ada solusi dasarnya dan kebetulan semuanya sekaligus bisa diatasi oleh Incapsula.

Incapsula adalah layanan CDN (Content Delivery Network) yang akan membantu mengurangi beban kerja web hosting dari situs anda, juga menurunkan tingkat konsumsi bandwidth, menahan serangan DDoS dan meningkatkan keamanan dengan memblokir bot – bot jahat, virus atau spammer yang sedang mengunjungi website anda. Semuanya ini anda bisa dapatkan dengan gratis, jadi tidak perlu khawatir masalah biaya.

Bagaimana cara memasang Incapsula di website anda? CDN Incapsula bisa disetting dengan mudah dan tentunya diawali dengan mendaftarkan sebuah akun terlebih dahulu, silahkan kunjungi website Incapsula.
incapsula

Setelah mendaftar ke Incapsula, anda akan diminta memasukkan alamat website anda.
incapsula-add-a-website

Selanjutnya Incapsula akan otomatis melakukan scanning pada DNS record yang tercatat dalam domain situs yang baru dimasukkan, klik Continue kalau sudah selesai.
incapsula-point-website-dns-record

Anda akan diminta mengarahkan DNS record website anda kepada Incapsula, secara spesifik yang diminta adalah mengubah A record dan CNAME record. Tinggalkan halaman ini sementara untuk membuka panel kendali catatan DNS.

Saya contohkan bila menggunakan cPanel untuk web hosting anda, buka Advanced DNS Zone Editor dan lakukan edit atau tambahkan A record dan CNAME record sesuai dengan yang diminta oleh Incapsula. Bagi yang tidak menggunakan cPanel untuk manajemen domainnya bisa diadaptasikan.
cpanel-advanced-dns-zone-editor-incapsula

Bila sudah dilakukan perubahan DNS record untuk nama domain anda maka kembali lagi ke halaman Incapsula sebelumnya dan klik I completed the DNS changes.

Anda akan dialihkan ke halaman daftar situs milik anda yang terdaftar di Incapsula, kalau Incapsula masih menunggu perubahan DNS record selesai maka akan terlihat tulisan Pending DNS changes. Sabar saja untuk menanti proses ini, yang bisa dilakukan hanyalah coba cek propagasi DNS untuk memastikan tidak ada kesalahan.

incapsula-my-sites-pending-dns-changes

Kalau tidak ada masalah maka akan terlihat grafik pengunjung manusia dan bot, kemudian grafik bandwitdh yang berhasil dihemat oleh Incapsula.
incapsula-my-sites

Untuk melihat detail statistik CDN Incapsula maka klik STATS, anda akan menemui informasi pengunjung website anda, statistik keamanan, dan performa situs anda. Setting default Incapsula sudahlah cukup untuk website kebanyakan, tapi untuk beberapa fitur advanced perlu ikut yang berbayar, ini tidak wajib dilakukan.

incapsula-website-traffic-statistic

Kalau anda menggunakan WordPress saya sarankan untuk menginstall plugin Incapsula supaya IP address pengunjungnya tidak sama semua, ini dikarenakan seluruh traffic akan melewati server Incapsula baru masuk ke situs anda. Sedikit peringatan juga untuk pengguna plugin Better WP Security, karena fungsi keduanya mirip maka saya anjurkan untuk dimatikan saja supaya anda tidak terblokir saay berusaha login ke website anda.

Incapsula memang ditujukan sebagai layanan CDN pesaing dan alternatif dari CloudFlare tapi fokusnya lebih ke arah keamanan website daripada performa. Menurut saya analytics dari Incapsula lebih baik daripada milik CloudFlare, informasi yang ditampilkan lebih mendetail.

10 pemikiran pada “Cara menggunakan Incapsula”

    • Halo, anda mengakses cPanel lewat format alamat yang mana mas? Ada beberapa metode soalnya. Dan bisa dijelaskan tidak bisa masuk ini seperti ini apa? Ada pesan errornya tidak? Kalau masih bermasalah coba masuk lewat client area web hosting anda mas.

    • masuknya dari namadomain.com/cpanel make firefox resultnya kayak begini The connection was reset
      The connection to the server was reset while the page was loading.
      The site could be temporarily unavailable or too busy. Try again in a few moments.dst..
      tapi nggak apa2 juga sih xixixi soalnya itu incapsula nya saya pakein di addon domain, jadi masih bisa masuk cpanel asal make alamat maindomain.com/cpanel. yang nggak bisa ya yang dari addon ini hehehe

    • Wah… saya lupa – lupa ingat sih mas, sudah lama tidak menggunakan addon domain di cPanel. Sepengetahuan saya memang masuk ke cPanel harus lewat domain utamanya, tidak bisa lewat addon domainnya. Itu errornya muncul karena server hostingnya tidak tahu mau diapakan request alamat yang diminta.

    • Selamat pagi juga, secara pribadi saya menyukai Incapsula karena fitur keamanannya lebih bagus dari CloudFlare, dasbor analisanya sendiri lebih detail dan mudah dipahami dibandingkan CloudFlare, apalagi mendekati real time untuk update datanya. Tapi untuk kelengkapan fitur versi gratis masih lebih unggul CloudFlare. Ada DNS hosting gratis, always on cache, SSL gratis, konversi IPv6 to IPv4, dan mungkin masih ada lagi.

    • Halo Lulung, untuk berbayar saya menggunakan MaxCDN tapi kalau anda mencari yang lebih murah saya merekomendasikan KeyCDN. Ini CDN berbasis distribusi konten lho mas, berbeda dengan Incapsula yang saya bahas diatas.

Tulis komentar...