Cara menggunakan Unbound di Windows

Agak frutasi saya akhir – akhir ini karena ISP yang saya pakai kadang DNS servernya tidak berfungsi, jadi secara IP masih ada koneksi internet tapi kalau menggunakan alamat website atau url otomatis tidak ditemukan. Kalau bisa ganti DNS server sih saya santai saja, tapi karena seluruh traffic DNS pasti dibajak oleh penyedia internetnya ya percuma. Tidak semudah dulu lagi.

Solusinya? Ya kita harus cari cara melewatinya, minimal agar permintaan DNS kita tidak diambil alih jadi kita bisa browsing tanpa tergantung ISPnya. Salah satu solusi yang bisa anda pakai adalah Unbound yang akan membuat forwarder DNS resolver secara lokal. Silahkan langsung download file setupnya dan install.

Setelah itu silahkan buka lokasi folder C:\Program Files\Unbound kemudian edit file service.conf dan isikan potongan kode berikut:

access-control: 0.0.0.0/0 refuse
access-control: 127.0.0.0/8 allow
forward-zone:
name: "."
forward-addr: [email protected]
forward-addr: [email protected]

Kalau gagal silahkan gunakan alamat IP DNS server lain untuk menggantikan di baris forward-addr seperti dari OpenDNS atau OpenNIC, saya menggunakan Google Public DNS.

Selanjutnya silahkan buka pengaturan service Windows, tekan tombol Windows+R dan isikan services.msc. Kemudian cari nama layanan Unbound DNS Validator dan restart.

windows-7-services-unbound-dns-validator

Silahkan ganti DNS server yang digunakan di Windows menuju alamat IP 127.0.0.1 dan OK.

windows-7-ipv4-configuration

Akhirnya silahkan tes alamat website yang sebelumnya tidak bisa diakses atau diblokir lewat DNS, semestinya akan bisa dibuka dengan normal kembali setelah mengaktifkan Unbound. Kalau masih gagal juga saya ingatkan untuk mencoba mencari alamat IP DNS server lain, atau memang berarti penyedia layanan internet anda lebih sakti lagi. 🙁 Alternatifnya anda bisa mencoba DNSCrypt atau terpaksa menggunakan VPN.

Semoga bermanfaat. 🙂

7 pemikiran pada “Cara menggunakan Unbound di Windows”

  1. Bisa dijelaskan ga om maksud nya port 5353 itu… sama Access-Control.

    Soal nya masih kurang paham, di situs dnscrypt sendiri memperbolehkan penggunaan Unbound.. Tapi pas dicoba dengan konfigurasi dari dnscrypt nya sendiri

    do-not-query-localhost: no
    forward-zone:
      name: "."
      forward-addr: [email protected]
      forward-addr: [email protected]

    ——————————————————————–
    ga bisa make nslookup, yang muncul malah

    Server:  localhost
    Address:  127.0.0.1
    
    DNS request timed out.
        timeout was 2 seconds.
    DNS request timed out.
        timeout was 2 seconds.
    *** localhost can't find reddit.com: Server failed

    ——————————————————————–

    Asalkan paham sama konfigurasi nya saja sudah sangat membantu om.

    • Ga jadi, sudah fixed. Rupa nya entah kenapa Primary DNS di DNSCrypt nya ke disable sendiri..

      Tapi tetap aja meski pake unbound, membuka situs terblokir yg pke protokol HTTP ga dialihkan ke DNS yg dituju dalam konfigurasi unbound..

    • Itu ‘waktu’ menggunakan indihome , router nya bukan saya yang menangani nya. Tapi setelah itu udah mulai kembali lagi menggunakan ISP Mobile Broadband nya Telkomsel hingga sekarang.

      Sayang nya sekarang ada masalah baru lagi, baru kemarin atau kemarin lusa kayak nya dari saya mengomentarin sekarang ini.

      Justru menggunakan DNS Cache baik dari Unbound maupun DNSCrypt, internet tidak bisa digunakan. Entah alamat DNS resolver dari daftar DNSCrypt, atau malah DNS nya google 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.

      Apakah ini cara baru ISP dalam menjalankan “Internet Sehat” atau memang ada yang salah dgn pengaturan di komputer sendiri.

      Ini dah aku coba satu2 dari DNSCrypt hingga Unbound, tentu nya service nya kumatikan terlebih dahulu salah satu nya sebelum mencoba yang lain.

      Alamat DNS di pengaturan jaringan jelas kuubah ke 127.0.0.1, DNSCrypt kupake alamat nya Down Resolver Singapura atau Indonesia tapi ga berhasil juga. Trus yang Unbound aku coba menggunakan cara artikel milik agan ini juga ga bisa.

      Dan juga tiap kali kuubah DNS , di cmd tentu ku gunakan “Ipconfig /flushdns”

      Tetap ga berhasil ujung nya.. 🙁

      Dah sampai itu aja curhat nya kwkwk..
      terima kasih.

    • Kebetulan untuk DNSCrypt saya selalu pakai yang Eropa mas.

      Tapi kalau sudah mendetail seperti itu dan masih gagal saya juga bingung apa solusinya. 🙁

    • Gpp bang, memang ternyata alamat DNS Down Resolver Singapura ama Indonesia di DNSCrypt udah ga ada lagi pas dicek di versi terbaru ama coba tekan tombol download list DNS di dalam dnscrypt nya sendiri. Jadi nya selain kedua dns tersebut work secara normal.

      Meski di Unbound msh belum tau apa yang salah dgn pengaturan ku, soal nya belum berhasil menggunakan alamat DNS manapun.

Tulis komentar...