Cara menghapus semua kontak di Android

Karena kesalahan pengaturan membuat semua isi Contacts (Buku telpon) di handphone Android baru saya berisi profil hasil sinkronisasi dari Facebook dan Email saya. Padahal saya tidak ingin mencampuradukkan isinya, ini membuat saya terpaksa mencari tahu bagaimana cara menghapus seluruh Contacts di Android. Bagi anda yang membutuhkan caranya menghapus secara total seluruh isi Contact maka silahkan ikuti metode berikut.

Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan ternyata, langsung saja akses Settings (Pengaturan) dan buka Apps.

android-settings

Selanjutnya cari nama aplikasi Contacts Storage dan pilih Clear Data. Akan muncul jendela konfirmasi apakah anda yakin membersihkan data kontak di buku telpon anda, pilih OK untuk melanjutkan.
android-contacts-storage-clear-data

Cek saja isi Contacts setelahnya maka akan kosong tidak berbekas, kecuali anda masih mengaktifkan Account Sync (Sinkronisasi Akun) pada smartphone Android anda – maka akan muncul kembali seluruh profil kenalan anda dari Facebook atau akun yang anda hidupkan Sync-nya. Saran saya matikan fitur sinkronisasi akun yang tidak penting supaya tidak membuat daftar kontak tidak beraturan.

5 pemikiran pada “Cara menghapus semua kontak di Android”

    • Halo Hendri, pakai handphone apa mas? Saya sudah lihat di ASUS Zenfone 5 saya dan masih bisa menggunakan cara ini. Oh ya, di aplikasi kontak anda coba dicek di bagian settingnya, siapa tahu ada opsi Delete all contacts.

Tulis komentar...