Cara mengubah jam, tanggal, dan tahun di Android

Mari kita kembali ke dasar, yaitu bagaimana cara mengatur jam, tanggal dan tahun di handphone Android anda. Hal ini memang terkesan sepele, tapi ternyata banyak juga rekan kerja saya yang menanyakan dan meminta bantuan saya. Kadang ini disebabkan belum pernah menggunakan smartphone, tidak biasa dengan tampilannya dan bisa saja disebabkan bahasa yang digunakan masih asing.Kalau dilihat dari kebiasaan pemakaian handphone saat ini maka orang lebih banyak mengecek waktu sekarang dengan menggunakannya daripada jam tangan atau jam dinding.

Bagaimana cara mengubah waktu di Android? Langkah awalnya adalah anda perlu membuka Settings (Pengaturan) di Android, kemudian cari bagian System. Anda perhatikan akan ada Date & time, silahkan tap. Catatan saja, disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 (Jelly Bean). Kalau ada perbedaan dengan versi Android lain mohon diadaptasikan caranya.
android-settings-system

Untuk mengatur tanggal, bulan dan tahun silahkan tap pada Set date. Sedangkan mengubah jam menjadi benar cukup tap pada Set time.
android-settings-set-date-set-time

Kalau anda malas mencocokkan jam maka bisa mengaktifkan Automatic date & time, nanti waktunya akan mengikuti server dari jaringan kartu telepon yang digunakan. Untuk zona waktu anda bisa mengotomatiskannya juga dengan tap pada Automatic time zone, atau anda bisa menggantinya secara manual.

Tulis komentar...