Cara mengubah jam, tanggal dan tahun di command prompt

Saya sudah pernah menuliskan cara mengubah jam, tanggal, dan tahun di Windows 7 melalui cara normalnya. Tapi kalau keadaan anda memaksa harus mengganti waktu komputer melalui command prompt atau sekedar ingin tahu saja maka bisa mengikuti panduan berikut. Mudah dan cepat kok caranya.

Untuk mengubah jam dan tanggal diperlukan 2 perintah cmd yang berbeda dan akan saya tuliskan masing – masing cara penggunaannya. Silahkan jalankan dulu command prompt kemudian gunakan gambar dibawah sebagai referensinya bila anda bingung.
cmd-date-time

Pertama untuk mengubah tanggal, bulan dan tahun di Windows kita gunakan perintah date dan langsung tekan ENTER. Akan langsung muncul saat itu tanggal berapa di komputer, dan selanjutnya anda diminta memasukkan tanggal yang baru. Formatnya adalah bulan-tanggal-tahun. Bila tidak ingin menggantinya langsung saja tekan ENTER.

Untuk mengganti jam di Windows maka ketikkan perintah time. Sama, juga akan langsung muncul sekarang jam berapa dan berikutnya ditanyakan akan diubah menjadi jam berapa. Formatnya adalah jam:menit. Tekan ENTER kalau ingin membiarkannya.

Tambahkan parameter /T kalau hanya ingin mengetahui jam atau tanggal berapa saat ini tanpa diminta mensetting nilai yang baru. Jadi contohnya: date /t atau time /t.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...