Cara mengubah lokasi folder download Mozilla Firefox

Lokasi hasil penyimpanan hasil download di Mozilla Firefox agak repot kalau diakses secara manual, dan letaknya juga mengikuti profil user di Windows jadi tergantung siapa saja yang menggunakannya akan berbeda tempatnya. Kalau anda sedang mencari cara untuk mengubah lokasi default folder hasil download di Mozilla Firefox maka caranya sangat mudah kok.

Secara default lokasi foldernya adalah C:\Users\[nama user account]\Downloads di Windows 7. Untuk menggantinya ke lokasi yang anda inginkan tinggal klik menu pada Firefox (tiga baris horisontal) dan pilih Options. Cara cepatnya adalah dengan menekan shortcut Alt+T kemudian disusul tombol O.

mozilla-firefox-menu

Oh ya kalau tampilan Mozilla Firefox anda tidak seperti diatas berarti versinya masih yang lama (sebelum v29). Kalau anda bingung maka gunakan metode shortcut saja.

Jendela Options Mozilla Firefox akan terbuka. Pada bagian General perhatikan Downloads, terutama pada Save files to. Klik Browse… untuk mengubah lokasi foldernya dimanapun yang anda suka, kalau saya sih meletakkanya pada drive D:\Downloads supaya rapi dan tidak memenuhi drive C:\ sebagai partisi sistem.

mozilla-firefox-options

Sungguh mudah bukan? Memang tidak ada metode khusus untuk memodifikasi lokasi penyimpanan default hasil download di Firefox.

2 pemikiran pada “Cara mengubah lokasi folder download Mozilla Firefox”

Tulis komentar...