Cara mengubah Nameserver domain di NameSilo

Nameserver merupakan salah satu komponen penting dalam nama domain, dengan menggunakannya maka domain tersebut bisa terhubung ke hosting website anda, melakukan manajemen DNS record atau memanfaatkan fitur custom domain. Tergantung dari tempat anda membeli nama domain maka cara mengubah nameserver ini bisa gampang – gampang susah, kali ini akan saya tunjukkan caranya di NameSilo yang merupakan provider domain favorit saya.

Pertama – tama bukan situs NameSilo, kemudian anda harus login ke akun NameSilo anda.

namesilo

Setelah pada halaman Account Overview pilih Domains Manager yang terletak pada menu Account Options di sebelah kanan.

namesilo-account-home-page

Anda akan melihat daftar domain anda yang ada di NameSilo, silahkan klik yang ingin anda ganti Nameservernya.

namesilo-domain-manager

Geser halaman Domain Console untuk nama domain terpilih agak kebawah dan anda akan menemukan bagian NameServers yang akan berisi informasi nameserver aktif saat ini. Untuk mengubahnya klik Change.

namesilo-domain-console-nameservers

Halaman NameServer Manager milik NameSilo akan terbuka, anda bisa mengisikan nameserver baru pada bagian NameServer Entry dan kemudian klik Submit.

namesilo-nameserver-manager

Anda akan dialihkan ke halaman Domain Manager dan ada pesan peringatan bahwa perubahan nameserver domain bisa memakan waktu dari 1 sampai 48 jam, jadi anda cuma bisa menunggu saat ini.

namesilo-important-note-regarding-name-server-changes

Proses informasi baru nameserver ini dinamakan propagasi DNS dan anda bisa memantaunya menggunakan WhatsMyDNS untuk melihat apakah penggantian NS sudah dikenali dimana saja di seluruh dunia.

Tulis komentar...