Cara mengubah permissions file dan direktori di cPanel

Sistem hak akses file dan direktori pada hosting website kadang perlu diutak – atik karena ini berhubungan dengan siapa saja yang boleh mengakses dan bisa melakukan apa. Kalau terlalu bebas besar kemungkinan malah berakibat buruk dan bila terlalu ketat malah membuat situs kita tidak berfungsi normal.

Pada dasarnya ada 2 metode untuk mengubah permissions di cPanel, bisa melalui FTP atau langsung melalui File Managernya dari browser. Kalau anda mengalami masalah yang disebabkan oleh hak akses file dan direktori Linux pada hosting anda maka ikuti panduan berikut.

Akses saja akun cPanel situs anda dan geser ke bagian Files dan klik pada File Manager, selanjutnya saya memilih agar membuka direktori www sebagai defaultnya.

cpanel-files

Silahkan navigasikan menuju folder atau file yang ingin diubah permissionnya, pilih dan kemudian klik Change Permissions (icon kunci di toolbar atas). Dalam contoh saya ingin mengganti hak akses dari file .htaccess.
cpanel-file-manager
Nanti akan muncul jendela popup untuk modifikasi hak akses file tersebut. User untuk akun hosting anda, Group untuk grup dari user, dan World berarti untuk umum. Sedangkan Read adalah ijin untuk membaca atau membuka, Write untuk menulis, modifikasi atau membuat, dan Execute untuk menjalankan atau mengeksekusi.
cpanel-file-manager-change-permissions

Saya anjurkan kalau tidak perlu maka lebih baik menggunakan struktur hak akses 644 atau kalau terpaksa 755.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...