Cara menonaktifkan koreksi dan saran kata Sony Xperia

Rasanya hal paling dasar yang dicari setiap orang saat menggunakan handphone Android baru adalah bagaimana caranya menonaktifkan saran dan koreksi kata saat mengetik pesan. Selain jarang akurat, mengganggu tampilan keyboard, bisa salah kata atau salah pilih, dan merepotkan penggunaannya karena belum biasa.

Pada dasarnya pada setiap ponsel Android caranya mirip untuk mematikannya, cuma kadang perlu langkah khusus pada jenis yang berbeda. Kali ini saya bahas adalah berdasarkan Sony Xperia SP (Android 4.3 Jelly Bean) milik teman saya. Langsung saja buka Settings (Pengaturan) dan perhatikan pada bagian Personal (Pribadi) akan ada opsi Language & input (Bahasa & masukan).

sony-xperia-sp-settings-personal

Didalamnya akan daftar papan ketik yang sedang aktif, dan memang handphone Sony ini tidak menggunakan Google Keyboard (AOSP) yang biasanya adalah default. Yang digunakan aplikasi buatannya sendiri bernama Xperia Keyboard. Silahkap tap pada icon setting di sebelah kanan namanya.
sony-xperia-sp-language-input-settings
Didalam setelah keyboard Xperia akan ada opsi bernama Text input settings, langsung akses aja.
sony-xperia-sp-xperia-keyboard-settings
Akhirnya didalam pengaturan masukan teks ini akan ada opsi untuk koreksi kata (Quick fixes) dan prediksi / saran kata (Word suggestions), silahkan didisable/off saja.

sony-xperia-sp-text-input-settings

Sedangkan My Words adalah kata – kata yang disimpan keyboard menjadi kamus pribadi, bisa anda bersihkan kalau mau.

Mudah bukan? Semoga membantu. 🙂

Tulis komentar...