Cara menonton video di YouTube menggunakan HTML5

Menonton video di YouTube sekarang sebenarnya terdapat 2 cara, yang satu menggunakan Adobe Flash untuk teknologi transportasi multimedianya sedangkan satunya menggunakan protokol standard di versi HTML5. Secara default YouTube akan menggunakan Adobe Flash karena relatif lebih stabil dibanding HTML5.

Tapi kalau anda ingin menonton video di YouTube tanpa menggunakan Adobe Flash entah karena ada masalah dengan Flash di browser anda atau tidak bisa mengupdatenya, silahkan coba teknologi video di HTML5 terlebih dahulu.

Untuk menggunakan YouTube dalam mode HTML5 silahkan akses halaman beta HTML5 berikut.
youtube-html5-trial-join
Pastikan browser anda mendukung penggunaan tag video dan WebM, bila anda menggunakan browser modern seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome terbaru berarti tidak ada masalah dalam menggunakan versi beta YouTUbe HTML5 ini. Silahkan klik “Join the HTML5 Trial” untuk menonton video YouTube tanpa Flash.

Kelebihan lain dari menggunakan YouTube tanpa Flash ini adalah tidak adanya iklan pada video yang ditayangkan, mungkin karena masih beta sehingga belum diimplementasikan. Anda juga dapat mengatur kecepatan pemutaran video, ini merupakan opsi yang hanya ada di versi HTML5.

Secara keseluruhan tidak ada perbedaan baik dari segi kualitas video dan suara yang dikeluarkan, kelancaran memutar video juga seperti umumnya streaming video di internet. Jadi menggunakan YouTube dalam HTML5 ini bisa menjadi alternatif kalau Adobe Flash anda bermasalah.

Tulis komentar...