Cara menyembunyikan file dalam gambar di Windows

Kali ini saya akan membahas suatu trik sederhana untuk menyembunyikan file rahasia dalam sebuah gambar, istilah kerennya adalah steganografi. Saya tidak menjelaskan apa itu steganografi karena mudah dicari penjelasannya di Wikipedia. Nah… bagaimana cara menyisipkan pesan atau file rahasia dalam sebuah gambar di Windows?

Kita akan memanfaatkan kompresi RAR dalam demonstrasi berikut, tapi format ZIP juga bisa digunakan. Pertama masukkan gambar yang akan menjadi tempat menyimpan pesan atau file rahasianya dalam suatu folder, tambahkan juga file yang akan disisipkan – saya menggunakan format gambar JPEG (*.jpg) dan file teks (*.txt).

windows-7-isi-folder

Kemudian buat arsip file dengan format RAR atau ZIP dari file yang ingin disembunyikan.
windows-isi-folder2

Kemudian panggil command prompt, akses folder tersebut dari sini. Kemudian ketikkan perintah copy /b tulips.jpg+utekno.rar gambar.jpg
Tulips.jpg. Dimana kalau dijabarkan akan menjadi seperti berikut: copy /b [file gambar]+[file rahasia] [file hasil penggabungan]. Kalau dalam nama filenya ada spasi maka anda harus menggunakan tanda kutip, contoh “file rahasia.txt”.
command-prompt-copy-b

Anda bisa melihat dalam folder hasilnya bahwa gambar tersebut masih bisa dibuka seperti biasa, dan ukurannya menjadi lebih besar karena ditambahkan file baru didalamnya.
windows-7-hasil-steganografi-sederhana
Bagaimana membuka file yang dirahasiakan keberadaannya ini? Mudah kok, ubah saja ekstensinya menjadi file yang disisipkan, dalam contoh adalah *.rar, dan buka seperti biasa.
windows-7-isi-file-steganografi-sederhana

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Sekarang anda bisa memakai teknik steganografi sederhana tanpa perlu aplikasi untuk menyimpan pesan rahasia dalam koleksi gambar dan foto di komputer anda. 😉

Tulis komentar...