Cara merubah resolusi layar pada DotA (Warcraft 3)

Yup Dota siapa yang tidak tau game ini, tua, muda, pria, wanita, anak-anak hingga orang dewasa pasti pernah memainkan game ini atau setidaknya mengetahui. Game ini benar-benar mewabah hampir di seluruh dunia. Hingga tournament atau lomba Dota sering diadakan dari tingkat antar warnet, regional, nasional, sampai International. Bahkan sudah muncul penerus dari Dota yang diberinama DOTA2.

Nah kali kita akan membahas tentang resolusi video ketika memainkan Dota. Seperti kita tahu Dota ini sebenarnya map tambahan untuk dimainkan di game Warcraft 3. Game ini sudah muncul antara tahun 2002-2003, karena itu otomatis resolusi yang di support pun sudah tidak sesuai dengan Hardware terbaru. Sering kali bila kita main dota di pc/notebook? terbaru resolusi yang di tampilkan tidak sempurna. Nah ada cara sederhana untuk mengatasi probelm tersebut.

  1. Tekan Windows key + R untuk membuka menu Run.
    windows-7-run-regedit
  2. Setelah itu jalankan Registry Editor dengan mengetik Regedit kemudian enter.
  1. Di Registry Editor double klik HKEY_CURRENT_USER >> Software >> Blizzard Entertainment >> Warcraft III >> Video (sesuai gambar).
    warcraft-3-registry-video
  1. Yang akan kita edit adalah resheight dan reswidth. Sesuai dengan nama resheight untuk merubah tinggi layar, sedangkan reswidth untuk merubah lebar layar (tinggi x lebar). Untuk ukuran resolusi yang pas sesuaikan saja dengan resolusi layar masing-masing, jika ingin mencoba ukuran yang berbeda juga tidak masalah sesuai dengan selera saja. Untuk cara mengeceknya pada layar desktop cukup klik kanan, kemudian klik Screen Resolution. Sebagai contoh resolusi layar saya 1366 X 768 (width x height), ?jadi 1366 = width dan 768 = height.
    windows-7-screen-resolution
  1. Double klik pada resheight >> rubah base menjadi decimal >> isi value data ?>>? kemudian Ok.
    warcraft-3-registry-video-resheight
  1. Selanjutnya double klik pada reswidth >> rubah base menjadi decimal >> isi value data ?>> kemudian Ok.
    warcraft-3-registry-video-reswidth

Untuk ukuran resolusi yang lain ada 1024 x 768 cocok untuk layar tabung (4:3). Sedangkan layar wide (16:9) resolusi 1366 x 768 atau 1900 x 1020 cocok. Jalankan kembali game dan dijamin resolusi menjadi lebih baik, Selamat Mencoba.

Tulis komentar...