Cara rename ekstensi file secara massal

Kasusnya saya memiliki koleksi file komik dan manga dalam format CBZ, CBR dan kadang CB7. Semua format file ini sebenarnya adalah arsip ZIP, RAR dan 7ZIP yang cuma diganti namanya. Karena ekstensi file – file tersebut kalau dilihat di Windows Explorer rasanya bercampur dan kurang rapi saya ingin menyamakan semuanya biar icon – iconnya tidak bervariasi. Tidak ada efek negatifnya sih kalau dibiarkan cuma merasa terganggu saja.

Karena memang semua file tersebut aslinya tidak ada perbedaan dengan file arsip aslinya maka bisa dengan aman direname ke asalnya. Tentu saja kalu dilakukan satu per satu bisa keriting tangan anda dan juga menghabiskan waktu banyak. Maka dari itu mari kita gunakan cara yang cerdas dan cepat yaitu melalui command prompt.

Format perintah cmdnya adalah sebagai berikut: rename *.[ekstensi_asal] *.[ekstensi_baru]. Misalnya kita akan mengubah semua file dengan ekstensi CBZ menjadi ZIP dalam satu folder: rename *.cbz *.zip.
cmd-rename-file-extension

Dimana tanda asterisk (*) atau bintang ini fungsinya agar semua nama file diabaikan dan hanya melihat pada ekstensinya apa yang bisa digantikan. Jadi nantinya semua file berekstensi CBZ akan direname sekaligus menjadi ZIP, jadi walaupun ada banyak atau sedikit tidak ada bedanya.

Oh ya, perintah ini harus dilakukan per folder dan apabila ada folder didalamnya maka tidak akan diubah ekstensinya. Jadi anda harus berpindah direktori secara manual kedalamnya dan mengeksekusi perintah command prompt diatas kembali. Setidaknya ini masih lebih cepat daripada melakukan rename ekstensi file secara manual.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...