Cara reset aplikasi default di Android

Dengan banyaknya aplikasi di Android yang memiliki fungsi sama seperti browser, video player, music player, dan masih banyak lagi maka tidakah aneh kalau anda (tidak) sengaja mensetting aplikasi default untuk menjalankan file tertentu. Saya yakin banyak diantara kita yang salah menekan konfirmasi untuk selalu membuka file dengan format tertentu dengan aplikasi yang ada di handphone Android anda.

Contohnya saat saya membuka sebuah link dari chatting saya di BBM, maka akan muncul dialog pertanyaan “Complete action using” mengenai aplikasi apa yang akan digunakan untuk membuka url tersebut. Pilihannya memang cuma dua, Browser bawaan Android dan UC Browser.

android-complete-action-using

Perhatikan ada 2 opsi lagi, Always untuk selalu menggunakan Apps tersebut (jadi default maksudnya), atau Just Once untuk sesi itu saja. Catatan saja, disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 (Jelly Bean) untuk demonstrasi. Kalau ada perbedaan dengan versi Android lainnya harap diadaptasikan caranya.

Kalau anda sudah terlanjut memilih Always, berniat mereset defaultnya, atau ingin mengganti aplikasi default yang digunakan untuk membuka file yang didukung maka ikuti cara berikut:

  1. Akses Settings (Pengaturan) Android, pada bagian Devices buka Apps.android-settings
  2. Akan muncul daftar aplikasi yang terinstall di Android anda, cari nama apps yang ingin anda matikan defaultnya. Saya contohkan disini adalah Browser yang terletak pada tab All.android-apps-all
  3. Pada App info dari Browser geser sampai anda menemukan Launch By Default, tap pada Clear defaults untuk menghilangkan fungsinya sebagai aplikasi default.android-launch-by-default
  4. Selesai! Mudah bukan?

Sekarang setiap anda membuka file (dalam contoh ini adalah link) apapun akan muncul dialog seperti contoh diawal kembali. Anda bisa membiarkannya atau mengubahnya ke aplikasi lain.

Dari pertanyaan mbak Ayu yang ternyata memang bisa ada sedikit perbedaan solusinya:

  1. Buka Settings (Pengaturan/Setelan).
  2. Pada bagian Device (Perangkat) buka Apps (Apl).
  3. Tap pada icon menu (yang tiga titik vertikal) di kanan atas.
    asus-zenfone-5-reset-application-preferences
  4. Pilih Reset app preferences.

Ini berdasarkan ASUS Zenfone 5.

114 pemikiran pada “Cara reset aplikasi default di Android”

    • Selamat siang Dodo, maksud saya geser halaman setting aplikasi tersebut kebawah sampai anda menemukan opsi Launch by Default (bahasa Indonesianya Luncurkan secara default) sesuai dengan yang di gambar.

    • Silahkan jelaskan dulu mas masalahnya apa. Saya bukan paranormal yang bisa memberikan saran tanpa tahu kondisinya. Komentar mas sebelumnya juga tidak ada lengkapnya seperti apa.

    • Selamat pagi Keenan, ini menggunakan handphone apa dan Android versi berapa? Ada kemungkinan di versi lain tidak ada opsi ini. Baru saya cek di hp ASUS Zenfone 5 (Android 4.4.2 Kitkat) opsi hapus default ini masih ada.

    • Halo Edri, wah… saya tidak memiliki Xiaomi Redmi 2 mas jadi terbatas sementara ini untuk mencari solusinya. Bisa dibuatkan screenshot dari pengaturan aplikasi yang ingin direset defaultnya?

      Nanti akan saya coba minta bantuan teman saya untuk mengecek Redmi 2-nya.

    • Selamat pagi Ayu, maksudnya ASUS Zenfone 5 ya? Berarti handphone kita sama. Saya rasa tidak ada perbedaannya dengan hp lain sih. Boleh tahu apa aplikasinya yang ingin anda reset defaultnya? Siapa tahu ada kasus spesifik.

      Astaga, ternyata ada solusi alternatifnya mbak Ayu:
      1. Akses Settings.
      2. Pada bagian Device buka Apps.
      3. Tap pada icon menu (yang tiga titik vertikal).
      4. Pilih Reset app preferences.

    • Akses setting masuknya dmn y mas? Itu mw ganti akses option ke hanya sekali dr bbm ke pict..soalnya gak bs buka galery nya..udh terlanjur pilih yg photos..

    • Silahkan cek artikelnya lagi mbak, sudah saya update dan beri gambar biar tahu apa yang saya maksudkan. πŸ™‚

  1. Kalo yang di bagian apl saya bisa, yg tidak bisa saya ubah default nya yg bagian pengatur alarm/audio profil, saya mau mengganti dengan nada bawaan tp saya sudah terlanjur milih nada musik, itu gimana caranya mas?

    Balas
  2. mas, kmren dalam aplikasi bri mobile kepencet never allow… udh ku ikuti langkah tsbt tp kok ttp ga bsa yaa… mohon bantuannya… trims…

    Balas
    • Halo William, pakai pemutar video default ASUS kan maksudnya? Coba ya mas:
      1. Buka Settings.
      2. Akses Apps.
      3. Tap pada Gallery..
      4. Clear Defaults.
      5. Selesai.

  3. Kak. Hpku asus zenfone 5 . Nah entah aku ga sengaja pencet apa. Bar atas di asus browser menghilang. Jadi aku gak bisa lihat history, tab yang lain dan lain lain. Cara munculin lagi gimana ya.
    Terima kasih.

    Balas
    • Halo Elly, bisa dikirimkan screenshot atau foto dari keadaan sekarang ke [email protected] mbak? Saya cek di Zenfone 5 saya dan tidak ada opsi seperti itu. Biar saya paham maksudnya seperti apa tampilannya sekarang.

  4. Alhamdulillah ktemu caranya. Kbetulan hp yg saya pakai sama dgn yg d contoh (lenovo). Ternyata mudah. Pdhl klo cari2 cara sndiri. Smp pusing ga bisa2. Terima kasih banyak.

    Balas
    • Sama – sama mas, saya dulu juga bingung cari – carinya. Apalagi kalau sudah terlanjur salah pilih aplikasi, masa diuninstall.

  5. Dear admin,

    Hp saya xiaomi redmi note 2, ketika saya ingin mendownload game dari line, yang mendapatkan free coins, kenapa selalu terhubung ke browser ya? Teman teman saya yang memiliki redmi note 2 terhubung ke play store min. Ketika saya klik link terhubung nya pun sama ke browser. Apa ada solusi atau pengaturan nya?

    Makasih sebelum nya

    Balas
    • Itu browsernya bisa diuninstall atau didisable mas? Coba dulu, siapa tahu bisa memaksa Androidnya pakai aplikasi default internalnya.

  6. Min, saya mo nanya. Hp saya xiaomi redmi note 3,saya ga sengaja disable kan MTP untuk transfer data dari hp ke laptop. Itu gimana ya caranya supaya aktif lagi MTP nya? Tapi bukan me-root kan hp nya..

    Balas
  7. Permisi, mohon bantuannya, kmrn ini saya baru saja update perangkat lunak (software), nah stelah itu opsi always/just once sdh tdk muncul lg, jd ketika ada dialog ‘complete action using’ tdk tersedia pilihan utk always/just once, hanya pilihan aplikasinya saja, bagaimana cara memunculkan opsi itu kembali? Perlu dikirim screenshot nya kah?

    Balas
  8. saya juga mengalami hal serupa seperti ini, saat baru mau memutar video tiba-tiba muncul beberapa pilihan tampilan video. Tapi karena saya buru2 jadinya yang ketekan default πŸ™ haduuuhh saya binggung untuk merubah default nya gimana -_- Saya pengguna baru hp lenovo A6000 Plus dan belum ada 1 hari saya pakai, saya sudah menemui kesulitan seperti ini. mohon bantuannya ya.

    Balas
    • Halo Lita, pakai video player apa mbak jadinya? Sudah coba clear default aplikasi Gallery?

    • Halo Anisa, mbak setting default BBM untuk membuka apa ya? Setahu saya dan baru saya cek BBM itu bukan defaultnya apapun soalnya. Install ulang aplikasinya?

  9. nuwunsewu, mohon bantuanny
    gmn carany mindahin aplikasi dr internal memory k sd card utk android marshmallow
    sy uda brkali2 browsing tnyta cara yg ad g bsa dipake, sy pake zenfone 2 laser ze550kl

    Balas
    • Halo Arief, kabar buruknya memang sudah dihilangkan sejak Android Kitkat oleh Google mas untuk fitur default writenya. Cuma bisa ngakalin pakai aplikasi semacam FolderMount dan ini perlu root.

  10. Di hape samsung saya, ketika saya mematikan data seluler, selalu muncul seperti peringatan seperti. Tapi entah kenapa sekarang tiba-tiba tidak muncul. Bagaimana cara mengembalikan peringatan tersebut? terimakasih

    Balas
  11. terimakasih banyak….
    padahal saya sudah muter2 cari solusi…
    sudah hampir putus asa.
    gk sengaja klik artikel ini trus kita baca sampai habis…
    dan secara gk langsung solusinya ada disini..
    terimakasih banyak,,, semoga bermanfaat untuk yg lain…
    salam…
    semoga semakin jaya…
    bissmilah…

    Balas
  12. Gan, hp saya samsung gt17xxx (grand duos). Saya terlanjur pilih pemutaran otomatis video. Jd tiap kali play video resolusinya selalu ga sesuai, resolusi baru bener ketika di rotasi ke mode landscape. Minta bantuan gan gmn cara nanganinya spy bisa bisa muncul notofikasinya lg. Terimakasih

    Balas
  13. assalamualaikum mau nanya mas . saya pas buka gambar di file terlanjur mengklik selalu terus saya pilih foto kok gambarnya jadi buram mas gimana cara mengembalikannya? ohya saya pakai samsung chat.

    Balas
  14. kalau saya buka lewat file manager gambarnya buram tapi kalau lewat galeri gambarnya jernih. sebab pas buka lewat galeri ada opsi pilihan saya pilih selalu terus klik galeri. Oh ya pas buka gambar lewat file manager itu masuknya ke google . kejadian ini setelah update google . dimanager aplikasinya tulisan defaultnya gak bisa diotak atik lagi mas. mohon pencerahannya mas .

    Balas
    • UC News ini menggantikan aplikasi apa ya mas? Saya ga pakai produknya UC Browser dan keluarga soalnya. Di Daftar aplikasi ga bisa diganti/reset?

    • Tampaknya setelah Lollipop ada pada aplikasi > semua aplikasi > cari tulisan default. Jadi ada pengaturannya sendiri.

  15. Kalo reset app preference ,bikin aplikasi lain ke reset ga? nnti saya reset app preference tauya malah ke reset app nya z nnti chattan line dan lain2 hilang dong

    Balas
    • Ini hanya untuk setting aplikasi default mas. Bukan setting dari aplikasi itu sendiri. Saya misalkan, mas buka gambar pakai Galeri misalnya dan ternyata ga sengaja diganti ke Google Photos, kalau direset akan kembali ditanyakan akan pakai aplikasi apa.

Tulis komentar...