Cara reset modem

Setting modem anda bermasalah tapi tidak bisa memperbaikinya? Bahkan untuk reset factory settings melalui halaman administrasinya sendiri sudah tidak bisa karena lupa apa password adminnya. Kadang kita terpaksa melakukan setting ulang konfigurasi modemnya dan melakukan reset. Bagaimana caranya kalau masuk admin saja tidak bisa?

Nah… para pembuat modem sudah mengantisipasi kasus tersebut, jadi sudah disediakan cara darurat untuk reset modem secara fisik. Bukan berupa tombol yang mudah diakses tentunya, tapi melalui lubang kecil berlabel Reset dibelakang perangkatnya. Yang perlu dilakukan adalah memasukkan jarum, lidi, peniti atau tusuk gigi kedalamnya dan tahan 5-15 detik dan selesai sudah prosesnya.

Saya ilustrasikan bagian belakang dari kedua modem yang saya miliki: TP-LINK TD-W8151N dan Huawei HG532e yang memiliki lubang untuk reset yang saya maksudkan.

Selanjutnya tinggal anda setting modemnya supaya bisa terkoneksi ke internet, kalau kesulitan harap menghubungi customer service dari ISP yang anda gunakan. Misal Telkom Speedy atau IndiHome hubungi saja 147 untuk memanggil teknisinya.

Tulis komentar...