Cara reset Open With di Windows

Semisal di Windows ada file yang tidak dikenali secara default maka akan muncul jendela Open With yang akan menyarankan dan memberikan daftar program yang kira – kira bisa membukanya. Kadang dengan Notepad pun isi filenya berhasil dibaca dan masalah selesai. Tapi bisa juga terjadi selain file tersebut tidak bisa dilihat isinya dan terlanjur disetting sebagai default aplikasi pembukanya. Kasus lain yang mirip adalah memang bisa dibuka tapi sekarang anda ingin menggunakan program lain, masa setiap kali harus mengakses menu klik kanan dan pilih Open With?

Kasusnya yang saya alami adalah pengunjung yang menanyakan file SRT yang merupakan ekstensi untuk subtitle, kebetulan sudah terlanjur secara default membukanya dengan Notepad dulu karena penasaran saja isinya. Sekarang ingin meresetnya menjadi tidak ada asosiasi file dan dimunculkan kembali jendela dialog Open Withnya.

windows-7-open-with-srt

Ya seperti keadaan semula lah tujuannya. Dan ini merupakan panduan lengkapnya disertai gambar. 😀

Kalau anda ingin melakukan hal serupa maka bisa solusinya adalah dengan memanfaatkan Registry Editor (Jalankan Run command, isikan dengan perintah regedit). Disini saya mencontohkan untuk mereset asosiasi file SRT, tapi anda bisa menggunakannya sebagai referensi format file lainnya. Sama mudahnya kok.

Silahkan buka lokasi HKEY_CLASSES_ROOT\.SRT. Gantikan .srt dengan ekstensi lain yang ingin anda hapus asosiasi programnya ke awal.

regedit-hkey-classes-root-srt

Selanjutnya akses lokasi HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.SRT dan hapus folder UserChoice, ini adalah software yang anda pilih baik secara tidak sengaja atau sengaja sebagai defaultnya. Tentu saja gantikan ekstensi SRT dengan yang lain kalau file yang ingin reset bukan ini. Fungsinya hanya mendemokan saja bagaimana langkah – langkahnya.
regedit-hkey-current-user-explorer-fileexts-srt-userchoice
Jangan khawatir aman kok menghapus dua data Registry diatas, nanti Windows akan membuat setting defaultnya kalau tidak ada dan isinya adalah kosong.

Oh ya, ini berbeda dengan mereset asosiasi ekstensi file di Windows karena salah setting, walaupun mirip tapi metode yang saya tuliskan adalah untuk satu file saja dan bukan untuk kerusakan file assocation menyeluruh.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Cara reset Open With di Windows”

Tulis komentar...