LOADING

Type to search

Windows

Cara menjalankan Registry Editor di Windows

Windows Registry adalah database yang berisi kumpulan informasi, setting dan konfigurasi sistem operasi Windows, hardware dan aplikasi di dalamnya. Sering kali beberapa masalah dan kerusakan yang terjadi di Windows dapat diperbaiki dengan mengubah konfigurasi tertentu di registry Windows, tentunya semua ini harus dilakukan dengan hati – hati karena kesalahan setting bisa membuat komputer anda tidak bisa digunakan kembali.

Saran saya sebelum melakukan modifikasi pada registry Windows anda melakukan backup terlebih dahulu, sehingga kalau efek perubahan setting di registry tidak sesuai harapan (bermasalah) anda bisa mengembalikannya dengan mudah.

windows-7-registry-editor

Registry Editor tidak bisa diakses dengan mudah di Windows, ini mengharuskan anda menggunakan berbagai macam cara lain untuk mengaksesnya dan akan saya bahas dibawah bagaimana cara membuka Registry Editor.

Memanggil Registry Editor menggunakan Search

Anda bisa melakukan pencarian dan mengakses Registry Editor melalui kotak Search di Start Menu Windows, cukup isikan dengan kata regedit maka akan muncul program regedit.exe pada hasil pencariannya. Klik nama program tersebut maka Registry Editor akan dijalankan.

windows-7-start-search-regedit

Mengakses Registry Editor dengan Run Command

Cara yang paling umum untuk memanggil Registry Editor adalah dengan memanfaatkan tool Run dialog, setelah muncul jendela aplikasi Run silahkan ketikkan regedit atau regedit.exe dan klik OK.

windows-7-run-command-regedit

Membuka Registry Editor melalui Command Prompt

Command Prompt pun bisa anda gunakan untuk membuka Registry Editor, yang perlu dilakukan adalah mengetikkan regedit dan tekan Enter maka jendela Registry Editor akan muncul.

windows-7-command-prompt-regedit

Lainnya

Mungkin anda pernah mengetahui ada tool lain yang bisa melakukan editing registry Windows dengan nama Regedt32.exe, ini adalah program yang berbeda dari Microsoft tapi memiliki tujuan yang sama. Regedt32.exe mempu mengubah setting permissions tapi tidak bisa mencari nilai (value) hanya registry key yang bisa dicarinya. Regedit.exe mampu mencari nilai dan key tapi tidak mendukung semua tipe data, menu keamanan dan mode read-only. Tapi ini adalah perbedaan saat Windows terdahulu, pada Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows terbaru Regedt32.exe akan memanggil Regedit.exe jadi tidak ada perbedaannya sekarang.

16 Comments

  1. brasell120514 April 11, 2015

    aku udah dapat registry ,,tapi cara settingnya aku nda tau,,caranya gmna??maklum masih permula mengenal lepi

    Balas
    1. Chandra Utama April 12, 2015

      Selamat pagi, settingnya tergantung anda tujuannya apa. Silahkan diceritakan kenapa anda membutuhkan modifikasi registry windows, kalau bisa nanti saya bantu.

  2. gila edan Juni 8, 2015

    misi mas,,mau tanya,,, saya seting registri di exefiles pas ane restrar kompter programnya pada ngaco,,ane mau balik lagi seting ulang mo dibalikin lagi udah ngga bisa buka registry editornya mas.. gmn nih ya.. kalo ngga salah di itu “HKEY_CLASSES_ROOT” deh…

    Balas
    1. Chandra Utama Juni 8, 2015

      Halo mas, sebentar ini setting registry untuk exefile yang tidak bisa dibuka ya? Ini sudah selesai mas? Selanjutnya registry editor ini tidak terbuka ada pesan errornya? Bisa coba menggunakan RegAlyzer untuk pertolongan pertamanya: https://www.safer-networking.org/products/regalyzer/

  3. gila edan Juni 8, 2015

    bkan pesan error mas..tapi sebagian besar program dijalanin kebukanya pake wordpad/notepad…termasuk file extensi .exe ….jadi download aplikasi juga percuma nggabisadiinstal…gimana ya..jangan pake software mas…tp comandprom jg larinya ke wordpad..

    Balas
    1. Chandra Utama Juni 9, 2015

      Oh… coba ya mas:
      1. Jalankan task manager (ctrl+alt+del).
      2. Klik menu File > New Task (Run…).
      3. Isikan cmd dan ketikkan perintah cd c:/ (nanti direktori aktifnya akan berpindah di drive c).
      4. Download salah satu file registry default Windows dari sini: http://utekno.com/cara-memperbaiki-file-association-rusak-windows-4422
      5. Pindahkan file .regnya ke drive c.
      6. Kembali ke command prompt dengan perintah reg import [nama_registry].reg. Misalnya reg import windows8.reg.
      7. Selesai, mungkin restart komputer untuk memastikan.
      Semoga berhasil.

    2. gila edan Juni 11, 2015

      ngga bisa mas,,pas buka “Command Prompt” lewat “Task Manager” juga kebukanya di “wordpad” isinya tulisan ngga jelas..jadi buka semua program dan software larinya ke wordpad. terus sebagian besar program dan software iconya berubah gambar wordpad,..

    3. Chandra Utama Juni 12, 2015

      Kalau langsung dari Run diisikan perintahnya mas? Jadi tidak memanggil command prompt. Saya dulu pernah mengalami kesalahan serupa, tapi lupa – lupa ingat cara mana yang berhasil memperbaikinya.

  4. yogga Januari 7, 2016

    cara nya menghapus regedit file explorer gimana di regedit? soalnya punya saya ada dua dan saya ingin menghapus nya yang satunya lagi.
    mohon kasih petunjuknya.
    thanks.

    Balas
    1. Chandra Utama Januari 7, 2016

      Halo Yogga, terus terang saya belum paham maksudnya regedit ada 2 mas. Haha. 😀 Bisa kirimkan screenshotnya ke [email protected] ?

      Bisa diceritakan ceritanya kok jadi gini? Ini di Windows apa mas?

  5. Dwi Ratri Februari 22, 2016

    halo mas, saya mau tanya network connections di laptop saya kan tidak muncul, saya coba masuk di regitry editor , tapi di jendela regedit yang mucul hanya default tidak ada pilihan yang lainnya, bisa tolong di bantu, terimakasih

    Balas
    1. Chandra Utama Februari 22, 2016

      Halo Dwi, cuma tidak muncul iconnya atau di Control Panel ikut hilang mbak? Di Windows apa ya?

      Sudah coba solusi ini: http://utekno.com/cara-cepat-membuka-network-connections-8759
      1. Panggil run command. (Windows+R).
      2. Ketikkan ncpa.cpl dan ENTER.
      Jendela Network Connections seharusnya tampil.

  6. thala September 2, 2017

    adobe premiere saya g bisa dirun, caranya gimana ya?

    Balas
    1. Chandra September 6, 2017

      Ada pesan errornya mas?

      Pakai Windows apa? Ini Premiere versi?

  7. Syamsudin September 29, 2017

    Mas, mau tanya registry file microsoft office 12 file registration nya kok ngg ada..yang office 14,15 dan 16 ada

    Balas
    1. Chandra Oktober 12, 2017

      Ini filenya dapat darimana mas?

Tulis komentar...