Cara setting kecepatan double click di Windows

Double-click merupakan salah satu hal yang sudah wajar dilakukan untuk membuka atau mengakses file menggunakan mouse, tapi banyak yang tidak tahu kalau klik ganda ini bisa disetting kecepatannya responnya. Jadi kalau anda merasa ada yang tidak wajar saat melakukan double-click seperti terasa lambat atau terlalu sensitif saat mengklik tombol mouse maka bisa mencoba mengatur konfigurasinya.

Langsung saja akses run command dan ketikkan main.cpl kemudian ENTER. Alternatifnya silahkan buka Control Panel dan cari Mouse Properties.
windows-7-run-main-cpl
Jendela Mouse Properties akan muncul tab Buttons sebagai defaultnya.

windows-7-mouse-properties-buttons

Nanti didalamnya akan terdapat bagian Double Click Speed, langsung saja geser ke kiri mendekati Slow untuk mengurangi kecepatannya atau geser ke kanan mendekati Fast untuk menambahkan kecepatan double click ini. Jangan lupa klik Apply supaya kecepatan barunya langsung digunakan oleh Windows.

Biasanya hal ini harus dilakukan berulang kali karena tidak langsung tepat settingnya sesuai dengan kebiasaan. Lebih sering lagi hal ini perlu dilakukan karena berganti mouse dan drivernya tidak dikenali, atau ada teman yang sedang mengisengi komputer anda.

2 pemikiran pada “Cara setting kecepatan double click di Windows”

    • Haha 😀 Ini hal sederhana tapi baru terasa pas butuh mas. Seringnya gara – gara ada teman yang isengin dan kita sendiri tidak tahu dimana settingnya.

Tulis komentar...