Cara setting MX record di cPanel

Kalau anda ingin menggunakan domain sendiri untuk email ([email protected]) maka pada setiap paket shared hosting yang menggunakan cPanel akan ada fitur email hostingnya, dan ini ikut memakai kuota disk space web hosting anda. Jadi layanan email hosting gratis seperti Zoho Mail atau dulu Google Apps bisa menjadi pilihan menarik karena kita menghemat kuota kapasitas penyimpanan web dan tentunya sambil memanfaatkan kemampuan penuh webmailnya yang jelas lebih baik daripada yang ada di cPanel.

Kalau anda sudah pernah mencoba mendaftarkan diri ke layanan email hosting apapun yang bisa memakai domain sendiri (custom domain) maka pasti akan diminta menambahkan beberapa record DNS pada domain anda dengan jenis MX (Mail Exchange). Ini berfungsi agar domain anda dapat melakukan komunikasi melalui email menggunakan nama domain sendiri. Nah… yang agak merepotkan di cPanel untuk menambahkan ini lokasinya tidak berada di bagian DNS Zone Editor.

Ya, yang perlu anda lakukan setelah login ke akun cPanel anda adalah membuka MX Entry dalam panel Mail.
cpanel-mail
Didalamnya silahkan mengubah opsi dalam Email Routing dari Local Mail Exchanger menjadi Remote Mail Exchanger.
cpanel-mx-entry-email-routing
Kemudian silahkan tambahkan MX Record untuk layanan email hosting yang ingin anda gunakan dan klik Add New Record. Didalam gambar adalah berdasarkan informasi dari Zoho Mail.
cpanel-mx-entry-add-new-record-mx-records

Setelah anda berhasil melengkapi semua data mengenai pertukaran surat elektronik dari layanan email tersebut maka saya sangat menyarankan untuk diujicoba dengan mengirimkan pesan ke salah satu alamat email yang telah anda buat berdasarkan domain milik anda.

Semoga membantu. 🙂

Tulis komentar...