Membuat email dengan domain sendiri di Zoho Mail

Jika anda sudah memiliki nama domain sendiri dan tentu saja web hosting untuk website maka sebuah alamat email yang menggunakan domain tersebut bisa menunjukkan keunikan dan profesionalitas. Biasanya kalau masih menggunakan shared hosting berbasis cPanel akan mendapatkan fasilitas email hosting gratis tapi ikut menggunakan kuota disk space juga, jelas merugikan kalau kapasitasnya terbatas. Karena itulah kita sebaiknya menggunakan layanan email hosting dengan dukungan custom domain (nama domain sendiri) dan yang terpenting adalah bisa dipakai secara gratis.

Kalau dulu ada Google Apps Free yang mendukung penggunaan custom domain tanpa biaya apapun, karena sekarang sudah tidak tersedia kembali maka kita harus mencari alternatifnya. Zoho Mail bisa menjadi solusinya dengan menawarkan kapasitas email 5GB untuk setiap user dengan maksimal 10 pengguna. Jadi anda bisa membuat 10 akun email yang memakai domain sendiri.

Mendaftar Zoho Mail

Cara mendaftarnya sendiri tidak ada hal yang istimewa, anda cukup membuka situs Zoho Mail dan klik Get Started.

zoho-mail

Pada tabel harga pilih layanan Free.

zoho-mail-pricing

Masukkan nama domain yang ingin dihosting emailnya oleh Zoho.

zoho-mail-add-domain

Kemudian lengkapi alamat email untuk kontak dan alamat email super administrator dari email hosting anda. Keduanya berbeda, terutama yang super administrator akan menggunakan alamat email dari domain anda (contoh: [email protected]).
zoho-mail-register

Verifikasi kepemilikan nama domain

Nanti setelah menambahkan nama domain akan diminta melakukan verifikasi, anda bisa menggunakan metode DNS record (CNAME atau TXT), atau dengan mengupload file html ke website anda. Kalau sudah klik saja Verify.
zoho-mail-domain-ownership-verification
Setelah itu akan diminta membuat sebuah akun user baru, silahkan saja diisikan dengan profil yang anda inginkan.

Menerima email dengan Zoho Mail

Sampai disini sebenarnya kita sudah selesai, tapi ini hanya untuk urusan mengirimkan email dari domain kita menggunakan Zoho Mail. Sedangkan untuk menerima email anda harus menambahkan DNS record berikut dengan tipe MX (Mail Exchange):

  • mx.zohomail.com dengan prioritas 10.
  • mx2.zohomail.com dengan prioritas 20.

Tips mengenai batas jumlah akun email Zoho

Satu tips mengenai banyak alamat email yang bisa digunakan: Walaupun di Zoho Mail ada batasan jumlah inbox email sebanyak 10 user saja tapi kita tidak dibatasi jumlah email aliasnya. Jadi satu akun email bisa memiliki banyak alias. Misal [email protected] dan [email protected] akan menuju satu tempat yang sama.

Cara login ke akun Zoho Mail

Untuk mengakses akun email dengan custom domain tadi maka bisa melalui link berikut: https://www.zoho.com/mail/login.html, dan nanti loginnya dengan menggunakan alamat email lengkap (Misal [email protected]).
zoho-mail-welcome

Jangan lupakan hal berikut

Terakhir cek inbox email yang digunakan untuk kontak (bukan dengan nama domain anda) yang digunakan untuk mendaftar Zoho Mail, karena ada link verifikasi yang harus dikonfirmasikan dalam 30 hari, bila tidak maka layanan email hosting gratis yang anda pakai akan dihapus.

Penutup

Dengan menggunakan Zoho Mail kita bisa menggunakan nama domain sendiri untuk email. Selain memberi pengaruh positif karena ada email resmi bukan menggunakan gratisan seperti Gmail, Yahoo, atau Outlook juga mengurangi beban server hosting karena ikut memakai kapasitas disk spacenya.

Semoga bermanfaat. 🙂

7 pemikiran pada “Membuat email dengan domain sendiri di Zoho Mail”

  1. Ternyata Support Catch All Mail, DKIM, SPF, dsb, lengkap, padahal free. Cocok banget buat kita yang cuma sekedar butuh Mailbox dan SMTP saja.

    Tapi sayang single domain kalo yang gratisan, untuk saya yang 1 email perlu 2 domain karena pakai tanda strip (-), agak kesulitan, tapi masih bisa diakalin lewat fitur Email di cPanel Website saya.

    Mau bikin account lain untuk domain lain, mentok di personal detail yg terdeteksi sudah terdaftar. Misal nomo hp.

    Seandainya ada reseller di indo ya, jadi untuk pembayaran lebih mudah.

    • Rasanya lebih murah beli SIM card baru mas. 😀

      Coba yang berbayar saja atau setup mail server sendiri pakai VPS murah.

Tulis komentar...