Cara setting video offline YouTube

Kalau anda menggunakan aplikasi YouTube di Android maka fitur menyimpan offline video – videonya di handphone pasti sudah diketahui dan mungkin telah rutin dimanfaatkan untuk menonton dilain waktu supaya tidak merasakan buffering karena koneksi internet tidak ada atau tidak stabil. Nah… untuk menjamin kenyamanan kita memutar video YouTube secara offline ada beberapa setting yang bisa anda setel.

Yang pertama kali saya ubah adalah pengaturan resolusi atau kualitas video defaultnya, walaupun saya menontonnya di handphone dengan besar layar 5 inci (ASUS Zenfone 5) bukan berarti video dengan resolusi 360p sudah cukup. Jadi walaupun kita saat menekan tombol download ke perangkatnya akan diberikan opsi tapi ya capek juga kalau setiap kali harus melakukannya.

android-youtube-menu

Caranya? Silahkan tap pada icon … di sisi sebelah kanan atas untuk membuka Settings. Pada jendela pengaturan aplikasi YouTube anda akan menemukan opsi Offline, akses saja.
android-youtube-app-settings

Anda akan menemukan setting untuk kualitas video di Quality, tap untuk memilih resolusi lainnya. Saya sendiri memilih 720p (HD) sebagai defaultnya.
android-youtube-offline-settings
Yang kedua saya ubah konfigurasinya adalah dimana lokasi video yang diunduh oleh app YouTube ini, kalau ini juga sama mudahnya tinggal anda tap pada opsi Use SD card. Selesai. Anda bisa melihat sudah berapa besar kapasitas ponsel Android anda yang digunakan untuk menyimpan video offline dari YouTube tepat dibawahnya dan dibagi menjadi Internal storage juga SD card.

Semoga bermanfaat. 🙂

344 pemikiran pada “Cara setting video offline YouTube”

  1. Saya sudah download video untuk offline. Pas saya matikan data seluler untuk nonton video gabisa diputar. Tulisannya tdk ada download pelajari lebih lanjut. Selalu seperti itu. Bagaimanq ya? Kan jd menghabiskan kuota saja.

Tulis komentar...