Cara telnet di Windows

Di Windows sejatinya ada akses telnet lewat command prompt tapi sejak Windows 7 tidak diaktifkan secara default. Seringnya kita memerlukan akses ke protokol ini untuk konfigurasi perangkat jaringan seperti modem atau router secara tingkat lanjut. Jadi manajemen administrasi yang biasanya lewat web atau browser kadang terlalu sederhana. Atau anda ingin menonton Star Wars edisi teks. 😀

Apabila anda tidak bisa menggunakan telnet lewat cmd atau gagal mengaktifkannya maka bisa mencoba menggunakan aplikasi tambahan. Yang terkenal adalah PuTTY: http://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/ atau favorit pribadi saya adalah KiTTY: http://www.9bis.net/kitty/?page=Welcome&zone=en yang merupakan pecahannya. Dan ini bisa menjadi solusi alternatif kalau anda perlu koneksi telnet yang lebih mudah dan sederhana.

KiTTY Configuration

Cara menggunakannya tinggal anda download dan jalankan programnya. Isikan alamat IP atau website dan kemudian portnya. Kemudian pada Connection Type pilih protokol yang digunakan. Ada Raw, Telnet, Rlogin, SSH, Serial dan Cygterm. Kalau sudah semua tinggal anda klik Open atau Start untuk menyambungkan ke lokasi yang dituju memanfaatkan telnet.

telnet star wars episode iv a new hope

Disini saya mencontohkan menonton film Star Wars Episove IV: A New Hope versi teks yang dianimasikan oleh situs http://www.blinkenlights.nl/services.html#starwars. Yang pasti tidak audionya. Untuk versi berwarna (tidak hanya hitam putih) maka perlu mengaksesnya lewat IPv6.

Oh ya, walau saya bilang PuTTY tapi saya demokan dengan KiTTY dan tampilan aplikasinya sama persis kok. Jadi jangan bingung mau menggunakan yang mana.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...