Cara transfer domain keluar dari NameSilo

NameSilo merupakan salah satu penyedia domain yang memiliki harga kompetitif (murah) dengan disertai fitur – fitur yang lengkap. Saya sendiri kaget karena terdapat berbagai macam setting untuk integrasi dengan layanan lain seperti custom domain untuk Blogger, Tumblr, Weebly, Bitly, GitHub dan masih banyak lagi hanya dalam 1 klik. Jangan lupakan gratis WHOIS Privacy untuk setiap domain kalau anda ingin merahasikan identitas anda sebagai pemilik domain tersebut.
namesilo
Tapi tidak selamanya kita harus menggunakan satu layanan saja dalam menangani domain – domain milik kita, apalagi persaingan ketat antar penyedia domain malah menguntungkan kita sebagai pembeli. Dengan mudah kita bisa menemukan promosi transfer domain yang jauh lebih murah harganya dibanding perpanjang domain. Karena itu dengan berat hati saya memutuskan memindahkan salah satu domain saya yang berada di NameSilo keluar, dan saya juga mendokumentasikan langkah demi langkahnya yang bisa anda ikuti dengan mudah.

Setelah anda login ke akun NameSilo anda akan terbuka halaman Account Home Page dan pilih Domain Manager dari menu yang berada di sebelah kanan.
namesilo-account-home-page

Pada halaman Domain Manager akan tampil seluruh domain anda yang berada di NameSilo.
namesilo-domain-manager

Klik icon gembok untuk mematikan perlindungan domain dari pencurian atau transfer keluar terlebih dahulu.
namesilo-unlock-domains

Selanjutnya kembali ke halaman Domain Manager dan klik icon manusia untuk mematikan WHOIS Privacy supaya email administrator domain bisa dibaca.
namesilo-manage-privacy-settings

Kalau sudah dilakukan maka pada halaman Domain Manager NameSilo akan terlihat kedua icon diatas warnanya menjadi abu – abu menandakan tidak aktif.
namesilo-domain-manager-2

Setelah itu klik nama domain anda untuk membuka Domain Console dan kemudian klik Send Email pada Authorization Code.
namesilo-domain-console

Cek inbox email anda yang didaftarkan untuk domain tersebut dan anda akan melihat adanya kode otorisasi atau umum disebut sebagai EPP key untuk memindahkan domain. Masukkan kode kunci EPP ini pada tempat tujuan anda transfer domain.

namesilo-email-domain-authorization-code

Silahkan tunggu proses transfer domain dari beberapa menit (saya pernah mengalaminya pada proses transfer ke dalam NameCheap, tapi bukan dari NameSilo) sampai 5 hari. Biasanya anda akan mendapatkan email untuk konfirmasi transfer ke NameCheap (eNom) yang harus anda respon melalui link yang disediakan di dalamnya.

Oh ya, kalau anda membutuhkan kupon untuk diskon pembelian domain di NameSilo anda bisa menggunakan kode berikut untuk memotong harga sebesar $1: utekno

Tulis komentar...