Cara menyingkat link panjang menjadi link pendek dengan bitly

Sering teman kita menanyakan sesuatu hal dan anda menemukan informasi mengenai apa yang ditanyakan di internet setelah berjuang beberapa lama memilah – milah halaman website. Sekarang anda kemudian ingin memberikan alamat halaman situs tersebut, tapi ternyata alamat website tersebut beserta halamannya cukuplah panjang sehingga untuk menyampaikannya sendiri cukup sulit. Juga ada kemungkinan url yang dicopy-paste termodifikasi secara tidak sengaja sehingga tidak mengarah ke website yang benar.

Kasus lain yang membutuhkan link pendek adalah bila anda ingin menyembunyikan link aslinya atau mempermudah distribusi link tersebut ke rekan – rekan anda. Dari beberapa layanan untuk menyingkat link panjang menjadi link pendek, saya sarankan menggunakan bitly. Kenapa? Selain memperpendek url juga anda juga dapat melihat informasi dan statistik dari link pendek bitly.

bit-ly-link-info-stats-overview

Ini semua dapat dilakukan tanpa perlu mendaftar akun di bitly. Sehingga bitly cocok bagi anda yang ingin mengetahui detail dari url pendek anda seperti asal pengunjung, berapa kali dishare di Facebook, Twitter dan sosial media lainnya, juga masih banyak lagi tanpa perlu direpotkan dengan membuat sebuah akun untuk melacaknya.

Sekarang untuk memendekkan url panjang menjadi pendek anda hanya perlu mengisikan url ke dalam kotak di bagian kanan atas dan kemudian klik “Shorten”.
bitly-paste-a-link-to-shorten-it
Anda akan mendapatkan link pendek dari link yang sebelumnya anda masukkan, klik Copy dan sekarang anda bisa menyebarkan link tersebut. Di halaman ini juga akan menampilkan seluruh pendek yang anda buat.
bitly-link-shortened

Sekarang apa guna dari akun di bitly apabila fungsi yang ditawarkan tanpa perlu memiliki akun sudahlah cukup? Silahkan anda melihat beberapa fitur yang diberikan bila anda mendaftarkan akun di bitly.

Tanpa menggunakan akun bitly maka hanya 10 url pendek yang dibuat yang akan ditampilkan. Dengan memiliki akun bitly anda dapat melihat seluruh url bitly yang pernah dibuat dan anda bisa melakukan pencarian url pendek anda.
bitly-your-stuff
Anda bisa mematikan link pendek tersebut bila sudah tidak digunakan lagi, klik Archive untuk menonaktifkan link pendek bitly. Url pendek bitly tidak bisa dihapus, jadi anda hanya bisa mengarsipkannya saja. Anda juga bisa membuat apakah link bitly tersebut bersifat publik atau pribadi, hal ini membuat link tersebut hanya bisa diakses oleh anda bila diset private.
bitly-bitmark-options

Mengganti url pendek yang digunakan supaya lebih mudah mengingatnya, klik icon pensil untuk mengubah format url pendeknya dan tekan Enter untuk menerapkan perubahan url. Lebih mudah dibaca kan sekarang urlnya?
bitly-customize-this-link
Memilih domain bitly yang digunakan (bit.ly, bitly.com, j.mp dan custom domain).
bitly-advanced-settings-domain

Melacak link domain website yang dishare di bitly, syaratnya anda harus memiliki nama domain website tersebut dan memiliki akses FTP ke server hosting website anda.

bitly-advanced-settings-tracking-domainbitly bisa dikatakan merupakan layanan pemendek url terbaik dibanding yang lainnya, apalagi dengan fitur – fitur yang diberikan secara gratis untuk penggunanya. Tentu saja untuk memanfaatkan penuh seluruh fungsinya lebih baik anda mendaftarkan sebuah akun di bitly.

19 pemikiran pada “Cara menyingkat link panjang menjadi link pendek dengan bitly”

    • Halo mas Adi,

      Link yang dibuat di bitly memang tidak bisa dihapus atau dimatikan, hanya bisa diarsipkan supaya tidak bisa dilihat publik. Link yang sudah masuk archive juga masih bisa tetap digunakan, ini memang sudah kebijakannya bitly sehingga kita sebagai pengguna juga tidak bisa apa – apa.

      Kalau anda tidak ingin short link bitly anda diasosiasikan dengan nama atau username anda maka ubah saja setting privasinya menjadi private, memang urlnya masih tetap bisa digunakan tapi tidak ada identitas pemiliknya dalam informasi yang muncul nantinya.

    • Halo Iyan, selain urlnya lebih pendek kita bisa melacak aktivitas yang terjadi pada link yang dishare mas.

  1. owh, jadi kita bisa mengetahui berapa banyak orang yang sudah meng klik tautan kita sesudah di pendekan tersebut yah?

    Oya apakah ada keuntungan lain misalnya, per berapa klik kita mendapat $ begitu..? Soalnya saya lihat di jejaring sosial banyak yang memendekan url dengan bit.ly..?

    Maaf mas banyak pertanyaan? 😀

    Balas
    • Halo Iyan, betul mas. Ada statistik pengunjung yang mengklik linknya. Tidak ada insentif untuk pembuatan linknya. Cuma lebih rapi saja dalam analisa pengunjungnya.

Tulis komentar...