Cara transfer nama domain keluar

Banyak pemilik hosting tidak mengetahui cara mentransfer domain yang dimilikinya dari webhosting mereka, dan karena mayoritas hosting di Indonesia menggunakan WHMCS (WebHost Manager Complete Solution) sebagai software yang digunakan oleh rata – rata provider hosting di Indonesia maka saya buatkan panduan khusus untuk hosting yang menggunakan WHMCompleteSolution.

Memiliki sebuah nama domain memang wajib adanya untuk membuat website, umumnya juga dibeli dari tempat si penjual hosting juga. Walaupun saya tidak menyarankan membeli hosting dan domain dari tempat yang sama. Kalau ada perselisihan atau tawaran harga domain lebih murah di penyedia lain maka lebih baik dipindahkan saja nama domain anda.

Dalam hal ini saya menggunakan Mangkuk Merah sebagai salah satu hosting terbaik (menurut saya) di Indonesia, dulu sewaktu masih awal belajar saya hosting website disana. Mereka seperti umumnya penyedia layanan web hosting di Indonesia menggunakan WHMCS yang terintegrasi dengan cPanel, jadi seluruh kegiatan manajemen billing, domain dan hosting bisa diakses melalui satu tempat yang terpusat. Kalau anda belum yakin web hosting anda menggunakan apa cek saja footer dari halaman portal manajemen kliennya, apakah ada tulisan Powered by WHMCompleteSolution.
powered-by-whmcompletesolution
Untuk memulai proses transfer nama domain keluar dari Mangkuk Merah (atau web hosting lain yang menggunakan WHMCS) lakukan login ke Client Area terlebih dahulu.

mangkuk-merah

Anda akan dialihkan ke halaman Portal Mangkuk Merah, geser halaman ini ke bawah dan klik Secure Client Login.
mangkuk-merah-whmcs-portal-home

Halaman Login akan terbuka dan silahkan isi alamat email dan password anda, kemudian lakukan login disini.
mangkuk-merah-whmcs-client-area-login
Client Area akan ditampilkan dan klik View yang berada disebelah kanan Number of Domains untuk melihat seluruh domain yang anda miliki disini.
mangkuk-merah-whmcs-client-area
Pada daftar domain yang ditampilkan klik menu dropdown disamping nama domain dan pilih Manage Domain.
mangkuk-merah-whmcs-my-domains
Halaman informasi domain tersebut akan terbuka dan langsung saja pindahkan tab ke Registrar Lock dan klik pada Disable Registrar Lock untuk mematikan penguncian domain sehingga nantinya bisa ditransfer ke tempat tujuan anda memindahnya.
mangkuk-merah-whmcs-registrar-lock
Selanjutnya akses tab Addons dan klik ID Protection.
mangkuk-merah-whmcs-addons
Klik Confirm Cancellation untuk membatalkan perlindungan WHOIS terhadap domain anda, ini dikarenakan nanti anda dihubungi melalui email yang terdaftar di domain tersebut untuk konfirmasi transfer domain.
mangkuk-merah-whmcs-id-protection
Terakhir buka Management Tools dan klik Get EPP Code.
mangkuk-merah-whmcs-management-tools-get-epp-code
Anda akan mendapatkan kode EPP untuk verifikasi transfer domain anda keluar dari tempat anda sekarang, anda wajib memasukkan kode ini di tempat tujuan supaya proses transfer berjalan lancar.
mangkuk-merah-whmcs-domain-epp-code
Lama proses transfer domain bisa dari beberapa menit kalau registrarnya sama sampai 5 hari biasanya. Yang anda bisa lakukan hanyalah menunggu, sering – sering cek inbox email anda karena tergantung registrar domain tujuan anda kadang dikirim email untuk konfirmasi transfer nama domain.

Sedikit informasi saja, setahu saya cuma MasterWeb dan IDWebHost yang tidak menggunakan WHMCS dalam manajemen domain dan hostingnya, mereka membuat panelnya sendiri.

Tulis komentar...