Cara uninstall program di Windows

Windows terkenal dengan kemudahan cara pakainya dan banyaknya program yang bisa digunakan untuk melengkapi kemampuannya. Karena banyak software atau game yang bisa didapatkan dengan cepat dan mudah membuat kita sering bereksperimen dengan berbagai macam jenis aplikasi, dan cukup sering juga terlupakan tidak pernah dipakai lagi.

Jika sebuah program sudah tidak pernah dibuka lagi sebaiknya dihapus saja, tapi jangan dihapus secara biasa karena setiap program seharusnya memiliki uninstaller sendiri – sendiri. Kalau pada folder program tersebut tidak ada uninstallernya maka ini antara program tersebut bersifat portable sehingga aman langsung dihapus atau proses uninstallnya diikutkan pada Windows.

Anda bisa mengakses fitur pengaturan program milik Windows dengan mudah dengan cara cepat ini, cukup dengan memanggil run command (Windows+R) dan ketikkan appwiz.cpl kemudian ENTER.
windows-7-run-appwiz-cpl
Tergantung pada jenis Windows yang digunakan, namanya bisa “Add/Remove Program” atau “Program and Features”, fungsinya tidak jauh berbeda kok. Nah… pada jendela ini akan terdapat daftar seluruh program yang anda install dan dikenali.
windows-7-programs-features

Untuk menghapus instalasi program maka klik saja pada namanya dan pilih opsi Uninstall. Silahkan tunggu proses pembersihan instalasinya sampai selesai, lama waktu yang dibutuhkan tergantung seberapa besar dan kompleks softwarenya.

Cara diatas merupakan langkah umum menguninstall program, kalau masih bandel juga saya sarankan menggunakan Revo Uninstaller untuk membersihkannya secara total dan tuntas.

Tulis komentar...