Cara update BIOS laptop Asus

Mungkin hampir sebagian besar pengguna laptop tidak pernah meng-update bios mereka. Memang tanpa di update dan selama tidak ada error itu tidak menjadi masalah. Namun sering kali (bahkan saya sendiri) sering menemukan kasus error yang ternyata penyembuhannya cukup dilakukan Update Bios. Update ini  memang sudah disediakan oleh produsen untuk mengatasi error (bug) yang terjadi di tiap tipe laptop. Bug ini ada yang kita sadari secara langsung maupun tidak. Kali ini kita akan membahas update bios di laptop Asus. Versi update bios tiap type berbeda namun cara untuk mengupdate sama dan tidak sulit. Sebelum memulai pastikan laptop dalam posisi di charge dan baterai tidak dalam kondisi 0% setidaknya bisa bertahan 10-20 menit.

Cek versi BIOS notebook ASUS

Caranya tinggal masuk ke menu bios, untuk Asus setelah menyalakan laptop tekan F2 hingga masuk. Setelah masuk cek di bagian Version. Contoh di gambar menggunakan type laptop A46CA dengan bios Version 309.
asus-bios

Cek versi BIOS terbaru notebook ASUS

Setelah mengetahui versi bios yang tertera, sekarang kita cari versi bios yang terbaru. Caranya pergi ke situs, kemudian masukan serian number laptop di bagian “Search By Product Serial Number” untuk lebih pastinya. Setelah itu pilih OS yang di inginkan dan klik section Bios setelah loading selesai. Seperti yang kita lihat pada gambar bawah ada 2 versi bios yang lebih baru setelah 309 yaitu 311 dan 315, Download kedua file tersebut.

asus-a46ca-latest-bios

Setelah selesai mendownload, extract dan letakan hasil extract di USB FLASH DISK, jangan meletakkan update bios di drive hdd untuk menghindari terjadinya failed atau crash.
asus-a46ca-extracted-bios

Kembali ke menu BIOS ASUS

Setelah persiapan selesai restart laptop dan masuk ke menu bios lagi untuk proses lebih lanjut. Klik sub menu Advanced dan pilih Start Easy Flash.

asus-bios-advanced-start-easy-flash

Pilih versi BIOS ASUS yang ingin di update.

Setelah masuk ke menu Easy Flash, langsung saja kita cari 2 file yang tadi kita download.
asus-easy-flash-utility
Setelah menemukan file, update bios sesuai urutan dari yang kecil kemudian besar agar teratur.

asus-do-you-want-to-update-bios

Tunggu proses update BIOS

Proses update akan berjalan secara otomatis dan tidak memakan waktu lama. Waktu yang dibutuhkan kira-kira 5-10 menit. Setelah selesai laptop akan otomatis shutdown.

Asus Easy Flash Utility – Start Erasing Flash : Proses ini akan menghapus memori flash di BIOS untuk dipersiapkan ditulis kembali dengan versi BIOS terbaru.
asus-a46ca-bios-start-erasing-flash

Asus Easy Flash Utility – Start Programming Flash : Firmware update BIOS terbaru mulai ditulis ke memori flash BIOS.asus-a46ca-bios-start-programming-flash

Asus Easy Flash Utility – Start Verifying : Proses verifikasi update BIOS sukses atau tidak.

asus-a46ca-bios-start-verifying

Asus Easy Flash Utility – Finish Verifying : Proses update BIOS berhasil dan komputer akan shutdown.

asus-a46ca-bios-shutdown

Ulangi Proses hingga bios terupdate ke versi yang paling baru atau ke versi yang ada inginkan.

asus-a46ca-bios-update-latest

Perlukah BIOS di update?

Selama laptop kita tidak mengalami error (bug) yang sangat mengganggu update tidak di perlukan. Namun tidak ada salahnya jika kita memperbarui bios karena update di sediakan untuk menghilangkan bug yang ada. Sebelum mendownload kita juga bisa membaca bug apa yang diperbaiki di tiap versi update.

asus-a46ca-latest-bios-2

Apakah update BIOS bisa gagal?

Bisa saja terjadi ini terjadi karena laptop tidak dalam posisi charge (listrik putus) dan energi baterai tidak mencukupi untuk melanjutkan. Otomatis update BIOS akan dibatalkan. Namun jangan khawatir di bios terbaru ada system “Crash Recovery Feature” untuk membantu memulihkan mesin bekerja secara normal meskipun BIOS gagal terupdate. Dan juga pastikan untuk meletakan file update BIOS di Flash Disk untuk menghindari terjadinya crash atau failed. Jika BIOS gagal terupdate segera pergi ke Service Center terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Selamat Mencoba.

224 pemikiran pada “Cara update BIOS laptop Asus”

  1. Gan minta tolong abis update bios yang terbaru asus K42JC malah laptop ane mati total. Minta saran apa yang harus saya lakukan tanpa ke service center tentunya.

Tulis komentar...