Cara update BIOS laptop Asus

Mungkin hampir sebagian besar pengguna laptop tidak pernah meng-update bios mereka. Memang tanpa di update dan selama tidak ada error itu tidak menjadi masalah. Namun sering kali (bahkan saya sendiri) sering menemukan kasus error yang ternyata penyembuhannya cukup dilakukan Update Bios. Update ini? memang sudah disediakan oleh produsen untuk mengatasi error (bug) yang terjadi di tiap tipe laptop. Bug ini ada yang kita sadari secara langsung maupun tidak. Kali ini kita akan membahas update bios di laptop Asus. Versi update bios tiap type berbeda namun cara untuk mengupdate sama dan tidak sulit. Sebelum memulai pastikan laptop dalam posisi di charge dan baterai tidak dalam kondisi 0% setidaknya bisa bertahan 10-20 menit.

Cek versi BIOS notebook ASUS

Caranya tinggal masuk ke menu bios, untuk Asus setelah menyalakan laptop tekan F2 hingga masuk. Setelah masuk cek di bagian Version. Contoh di gambar menggunakan type laptop A46CA dengan bios Version 309.
asus-bios

Cek versi BIOS terbaru notebook ASUS

Setelah mengetahui versi bios yang tertera, sekarang kita cari versi bios yang terbaru. Caranya pergi ke situs, kemudian masukan serian number laptop di bagian ?Search By Product Serial Number? untuk lebih pastinya. Setelah itu pilih OS yang di inginkan dan klik section Bios setelah loading selesai. Seperti yang kita lihat pada gambar bawah ada 2 versi bios yang lebih baru setelah 309 yaitu 311 dan 315, Download kedua file tersebut.

asus-a46ca-latest-bios

Setelah selesai mendownload, extract dan letakan hasil extract di USB FLASH DISK, jangan meletakkan update bios di drive hdd untuk menghindari terjadinya failed atau crash.
asus-a46ca-extracted-bios

Kembali ke menu BIOS ASUS

Setelah persiapan selesai restart laptop dan masuk ke menu bios lagi untuk proses lebih lanjut. Klik sub menu Advanced dan pilih Start Easy Flash.

asus-bios-advanced-start-easy-flash

Pilih versi BIOS ASUS yang ingin di update.

Setelah masuk ke menu Easy Flash, langsung saja kita cari 2 file yang tadi kita download.
asus-easy-flash-utility
Setelah menemukan file, update bios sesuai urutan dari yang kecil kemudian besar agar teratur.

asus-do-you-want-to-update-bios

Tunggu proses update BIOS

Proses update akan berjalan secara otomatis dan tidak memakan waktu lama. Waktu yang dibutuhkan kira-kira 5-10 menit. Setelah selesai laptop akan otomatis shutdown.

Asus Easy Flash Utility – Start Erasing Flash : Proses ini akan menghapus memori flash di BIOS untuk dipersiapkan ditulis kembali dengan versi BIOS terbaru.
asus-a46ca-bios-start-erasing-flash

Asus Easy Flash Utility – Start Programming Flash : Firmware update BIOS terbaru mulai ditulis ke memori flash BIOS.asus-a46ca-bios-start-programming-flash

Asus Easy Flash Utility – Start Verifying : Proses verifikasi update BIOS sukses atau tidak.

asus-a46ca-bios-start-verifying

Asus Easy Flash Utility – Finish Verifying : Proses update BIOS berhasil dan komputer akan shutdown.

asus-a46ca-bios-shutdown

Ulangi Proses hingga bios terupdate ke versi yang paling baru atau ke versi yang ada inginkan.

asus-a46ca-bios-update-latest

Perlukah BIOS di update?

Selama laptop kita tidak mengalami error (bug) yang sangat mengganggu update tidak di perlukan. Namun tidak ada salahnya jika kita memperbarui bios karena update di sediakan untuk menghilangkan bug yang ada. Sebelum mendownload kita juga bisa membaca bug apa yang diperbaiki di tiap versi update.

asus-a46ca-latest-bios-2

Apakah update BIOS bisa gagal?

Bisa saja terjadi ini terjadi karena laptop tidak dalam posisi charge (listrik putus) dan energi baterai tidak mencukupi untuk melanjutkan. Otomatis update BIOS akan dibatalkan. Namun jangan khawatir di bios terbaru ada system ?Crash Recovery Feature? untuk membantu memulihkan mesin bekerja secara normal meskipun BIOS gagal terupdate. Dan juga pastikan untuk meletakan file update BIOS di Flash Disk untuk menghindari terjadinya crash atau failed. Jika BIOS gagal terupdate segera pergi ke Service Center terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Selamat Mencoba.

225 pemikiran pada “Cara update BIOS laptop Asus”

  1. asus x452c, masalah stop code: bios error, acpi bios is not fully compliant… jadi blue screen mulu gan.. mau lepas ram eh..ramnya tanam.. ada solasi gan? sebelumnya ke instal w 10..

    Balas
    • Coba update BIOSnya mas. Itu masalah ga kompatibel. Sudah dicoba kah? Kalau gagal juga rasanya lebih baik downgrade ke Windows sebelumnya.

    • Ini Vivobook kan mas? Rasanya karena Windows 7 tidak disupport mas, harus Windows 10 64-bit karena drivernya cuma ada untuk itu.

    • Mas sudah download BIOSnya? Tinggal ikuti langkah – langkah diatas mas.

      Saya cuma ingatkan saja, kalau tidak ada masalah dengan laptopnya lebih baik dibiarkan, proses update BIOS itu ada resiko ngebrick soalnya.

  2. bos gimana caranya ngatasi laptop asus z550x mati total karna gagal update bios. bahkan lampu charger pun gak mau nyala saat di colokin jeck andaptonya.tongbos.?

    Balas
    • Ga nyala walaupun dipasang charger mas? Waduh… bawa ke service centernya mas, ini kemungkinan power supplynya yang kena.

      Tapi kalau berani bongkar coba lepas harddisknya dan hidupkan. Kalau ga bisa ya memang terpaksa diserviskan.

  3. Mas,sy punya laptop asus x455la.kenapa setelah update bios laptop nggk bisa nyala lagi?hanya lampu indikator power yang kedip kedipan terus.di teken tombol power nggk mau menyala.mohon informasinya,saya bingung.

    Balas
  4. mau nanya mas , aku baru sudah beli laptop asus a456ur saat aku mau mengistal ulang windows 10 aku masuk booting kok ,touch mouse dan keyboar tidak berfungsing yahh ?? Mohon bantuannya….

    Balas
  5. mas kemarin saya update AMD versi terbaru via website AMD tapi setelah diupdate, windows langsung error, padahal 2 minggu sebelumnya saya update AMD tp gak ada masalah.
    kemudian coba booting via USB tidak bisa, muncul “select boot device”
    ASUS X550Z

    Balas
  6. misi mas mau tanya. Update Bios dinyatakan sukses oleh aplikasi winflash kemudian shutdown. Dan setelah dinyalakan kembali muncul bluesreen dan restart terus. tidak mau masuk OS. Hanya awal OS kelihatan tapi habis itu restart lagi. Solusinya gimana ya? Asus K43Sj

    Balas
  7. Mas ini saya kan baru beli laptop dos. Terus saya instal win.10 tapi di tengah instal ilang kursornya, panah juga tidak bisa. Saya cari2 penyebabnya kenapa, ada yang bilang suruh update bios. Bisa gak ya update bios tapi belum ada windowsnya mas ?

    Balas
    • Jangan buru – buru update BIOS mas. Ini laptopnya apa memang support Windows 10? Coba cari sumber instalasi lainnya, yang beda versi/rilis dulu.

    • Mas tahu BIOSnya ga support install dari apanya? Ini soalnya ga wajar mas.

      Bukan karena installer Windowsnya tidak support SATA atau semacamnya?

  8. Mas, ada problem ini asus x454w series, udah update bios, tp ngelag. Kata tukang reparasinya suruh ganti hdd. Udah diganti baru hdd, ttep ngelag. Solusi gimana mas? Maturnuwun sebelumnya, please jwbn kirim email saya jg

    Balas
    • Ngelag pas ngapain mas?

      Pakai Windows apa? Drivernya sudah install lengkap?

      Power Plannya sudah ganti ke Performance?

  9. slmt mlm mas. mohon pencerahannya . laptop saya asus k55dr. bagaimana cara agar bisa keluar dari menu “Asustek BIOS ROM Easy Flash Utility” ? sebelum nya belum pernah gini.. tp Tiba2 gini setiap menyalakan laptop selalu muncul menu tersebut mas…. udah sya coba up ke bios terbaru di web resmi versinya tidak ada yg baru too old semua. apa ada solusi?trims

    Balas
    • Langsung saja masukkan DVD/USB installernya mas. Nanti booting kesana dan sisanya tinggal klik – klik saja. Atau ke toko komputer minta diinstallkan.

  10. Dear Mimin,
    Laptop saya K42JC RAM 8GB OS Win 7 mau upgrade ke Win 10 muncul error messages “Kernel system checking error”.. lalu reboot ke Win 7.
    Apakah bisa bantu kenapa dan bagaimana saran solusinya?
    Terima kasih sebelumnya.

    Balas
    • Akhirnya saya masukin ke ASUS Service Centre STC.
      Teknisinya telepon ganti Mainboard karena BIOS error dan nggak bisa di upgrade.
      Ganti mainboard 2 jetong, Min..
      Pusing, Mimin..

  11. kak kalaw update buat battray saya megalami masalah indikatornya berkedap- kedip apa bisa menggunakan bios ini yah, laptop p saya kan ketika main game dll pada saat di cas kok dia lampu warna orangge (battray indikator) indikator saya kedap kedip gitu, kalau shut down laptop saya pada saat sudah mati tidak terjadi apa2 indikatornya berjalan lancar casnya orangge terus.mohon solusinya kak?

    Balas

Tinggalkan komentar