Cara update Mozilla Firefox

Keputusan Mozilla Firefox untuk mengadopsi sistem versi seperti pada Google Chrome menunjukkan kalau mereka ingin berkompetisi dalam kecepatan pengembangan, optimalisasi penggunaan resource komputer, dan fitur – fitur terbaru dalam browser modern. Ini mengakibatkan pada setiap bulan bisa dirilis versi paling baru Firefox, dan walau kita tidak wajib mengupdatenya tapi sangat disarankan untuk memperbarui supaya dapat menggunakan fitur baru dan optimalisasi yang dilakukan.

Sebenarnya Firefox bisa melakukan auto-update, tapi entah kenapa di laptop saya tidak berjalan dengan sempurna, kemungkinan ada masalah pada Mozilla Maintenance Service juga. Kalau anda mengalami masalah yang sama atau memang tidak mengaktifkan update otomatis maka anda bisa mengupdate Firefox secara manual ke versi terbaru.

Bagaimana cara mengupdate si ruba api ini secara manual? Anda bisa mengaksesnya dengan membuka tombol menu (icon tiga baris horisontal) di toolbar kanan atas, kemudian klik tombol Help (icon tanda tanya biru) dibagian paling bawah menu yang muncul.

mozilla-firefox-menu

Pada menu Help klik di About Firefox.
mozilla-firefox-help-menu

Pada jendela About Mozilla Firefox akan muncul pesan “Checking for updates…” ini berarti sedang dicek apakah ada versi barunya. Apabila ada maka akan muncul “Downloading update”, silahkan tunggu sampai selesai, kalau sudah maka update ini akan dipasangkan dan statusnya akan berubah menjadi “Applying update…”. Terakhir anda bisa menggunakan versi baru Firefox dengan klik pada tombol “Restart to Update”, tapi ini bisa ditundah di lain waktu kalau anda masih sedang browsing atau membuka dokumen penting di browser.
about-mozilla-firefox-downloading-update

Jika anda membutuhkan cara cepat mengakses About Firefox maka tekan tombol Alt, maka toolbarnya akan muncul, klik Help dan pilih About Firefox. Tahap selanjutnya sama persis dengan yang diatas.
mozilla-firefox-toolbar-help-menu
Secara keseluruhan memang tidaklah sulit memperbarui Firefox, tapi kalau anda masih kesulitan juga maka saya anjurkan untuk mengunduh full installernya saja untuk langsung diupgrade secara offline.

Tulis komentar...