Cek akses website dari seluruh penjuru dunia dengan Where?s It Up?

Dini hari ini saya mendapatkan pesan melalui Facebook bahwa website saya tidak bisa diakses dari Singapura. Wah… ada yang dari negara tetangga ternyata. Setelah mendapatkan pesan tersebut saya segera mengecek dari rumah dan handphone ternyata lancar saja dicek, dan tidak ada peringatan kalau sempat down.

Karena saya hanya mencoba dari Indonesia memang ada kemungkinan terjadi masalah konektivitas jaringan dari server hosting saya ke Singapura, masalahnya saya tidak ada cara mengujinya langsung dari negara tersebut. Setelah mencari kesana kemari di Google saya menemukan layanan Where?s It Up?. Kita bisa menguji akses website dengan 3 jenis tes dan dari lebih dari seratus lokasi di berbagai lokasi dan negara yang akan dibagi menjadi beberapa benua: Eurasia (Eropa + Asia), Amerika Utara, Amerika Selatan, Oseania, dan Afrika. Sungguh lengkap opsinya.

wheres-its-up

Oh ya, kalau anda capek mencentang satu per satu darimana saja lokasi tes akan dilakukan maka klik saja icon +5 yang akan otomatis menambahkan 5 lokasi secara acak, kalau dilakukan terus menerus semuanya akan diaktifkan.

Dengan layanan ini website anda akan dicek melalui koneksi HTTP, DNS dan Trace. Kalau HTTP berarti akan diakses dengan membuka websitenya dan mengecek apa responnya, sedangkan DNS akan melihat kemana domain tersebut mengarah dan apakah sudah benar, dan terakhir Trace adalah melacak jalur koneksi internet dari asalnya sampai menuju website.
wheres-its-up-check-result

Dari hasil pengecekannya saya tidak melihat adanya masalah akses website dari seluruh lokasi, jadi kemungkinan ini cuma masalah sementara dan semoga tidak berkelanjutan.

Tulis komentar...